HOME COMPANNY PROFILE CUSTOMERS PRODUCT JASA SALES KONSULTASI GRATIS
  Kontrak Services
Services komputer murah,bisa diandalkan dan terpercaya Selalu siap melayani Anda"  
product,hang,PC   Hang PC
Masalah windows, hardware rusak, monitor backup data,kena virus, printer,istall program"  
    Mr. Clean
Komputer kotor dan berdebu, Kinerja komputer menurun. Serahkan kepada BCS"  
jual,beli,baru,second   Sales
Jual-beli segala jenis komputer, Pc,laptop, Second, lama,rakitan atau branded, sparepart"  

Minggu, 02 November 2008

Konsultasi Gratis

Demi memaksimalkan pelayanan Brahma Computer Services terhadap customers dan public, kami memberikan fasilitas konsultasi GRATIS bagi yang mengalami kesulitan tentang permasalahan komputer.

Silakan bertanya, dengan senang hati kami akan menjawabnya.
Pertanyaan bisa Anda kirimkan melalui email ke codhot75@gmail.com atau langsung berkomentar di artikel yang saya posting atau melalui buku tamu.

231 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya menggunakan dual boat pada komputer saya yaitu windows (vista)
dan linux (centos 5). Pada windows untuk anti virus saya pakai AVG
7.5., karena anti virus sudah out of date maka saya update kembali.
Setelah saya update komputer saya tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Pada layar monitor selalu muncul AVG Resident Shield. Threat Detected!
While opening file : C:\\Windows\system32\......
Apakah komputer saya rusak akibat virus? Haruskah saya menginstall
ulang system operasinya. Mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Iya pak itu karena virus sebenarnya masalah bapak karena telat mengupdate antivirusnya, dengan di updatenya AVG 7.5 tentunya antivirusnya bisa mendeteksi virus yang sudah ada didalam system.Saran saya lakukan update minimal 1 minggu sekali dan beralihlah ke AVG 8.0 ada yang free kok di www.avg.com , lalu update hingga detik yang terakhir, selanjutnya jalankan scan virusnya hingga tuntas, karena kalo tidak tuntas avg akan mendeteksi secara otomatis sehingga keluar tulisan Threat Detected.Kalo bisa sebutkan nama virusnya, biar saya bantu penangananya lebih rinci.Setelah scan bersihkan registrinya dengan HijackThis pasti jalannya lebih kenceng. Baca artikel saya yang Memaximalkan speed. Salam

Anonim mengatakan...

Waktu browsing di internet saya menemukan blog Bapak dengan mengetik komputer maintenance. Mau tanya,komputer saya sepetinya kena virus/spyware. AVG anti virus (gratis) sama sekali jadi gak berfungsi, kaya seperti ditutup. Komputer juga terasa lambat. Kira-kira cara mengatasinya gimana ya Pak. Oya, bagus blognya. Banyak tip yang menarik.

AGUS mengatakan...

Trimaksih sudah mau bertanya.Singkat saja

1. Cara mengenalkan Printer yang benar ke komputer adalah jangan install dulu programnya uninstall semua softwarenya lalu tancapkan usb printer yang sudah terhubung dengan keadaan printer menyala.Pastikan bahwa windows mendeteksi adanya hardware baru yang muncul, pada saat ada pilihan permintaan driver masukan cd drivernya dan pilih secara otomatis dan windows akan menemukan softwarenya sendiri dan akan terinstall secara otomatis. Catatan : Kalo windows tdk mendeteksi berarti ada permasalahan lain
2. Kemungkinan printer sudah pernah terdeteksi sebelumnya jadi harus dihilangkan dulu.Caranya klik kanan my computer>properties>hardware>device manager>universal serial bus controller>cari usb printing support.Perhatikan apakah ada tanda seru kuning tidak kalo ada klik kanan pilih delete. Cabut kabel printer lalu tancapkan lagi kalo mendteksi hardware baru lanjutkan seperti langkah pertama tadi.
3. Permasalah ketiga bisa pada kabel USBnya karena kualitasnya tdk baik, namun jika di laptop menggunakan kabel yang sama dan bisa berarti kabel tersebut tdk bermasalah
4. Kemungkinan pada USB port pada komputer bapak, kalo komputer versi lama kemungkinan versi USBnya masih Versi 1.0, bapak bisa membeli USB card yang Versi 2.0 sehingga kualitas koneksinya lebih bagus.
5. Masalah pada Power Supply yang tegangannya sudah lemah, karena USB port menggunakan tegangan rendah apabila kualitas powersupplynya sudah menurun arus listrik ke USB tidak sampai dengan sempurna sehingga pada saat sending data ke printer selalu gagal.Saran saya coba ganti PowerSupplynya.

Demikian ulasan singkat dari saya semoga bermanfaat.

Salam

David mengatakan...

Hello P’Agus,



Sorry, saya lupa memberitahukan, bahwa :

1) sebelumnya saya sudah pernah berhasil menggunakan printer tsb dengan desktop yang sama. Proses print tidak bermasalah.

2) Lalu, karena anak2 saya meng-install software game (terlalu banyak?) hingga desktop tsb kemudian hang-2…& bisa mati mendadak kalo lagi dipakai.

3) Lalu, saya un-install software2 game dan saya lakukan system restore / disk clean up & defragment.

4) Setelah itu desktop tsb sudah tidak hang-2 lagi & juga tidak mati mendadak lagi….sudah bisa dipakai normal.

5) Nah , di sini kemudian printer saya tidak bisa dipakai via desktop.

6) Kemudian saya un-install software driver printer tsb, lalu install ulang drivernya, tapi tetap tidak bisa.

7) Kabel USB tetap sama & kabel USB yg sama pula yang saya gunakan utk proses print via laptop.

AGUS mengatakan...

Oke pak sepertinya kasus bapak terletak pada powersupplynya.Silahkan coba diganti dengan yang baru. Sepertinya proses instalasi sudah berhasil dan printer sudah nampak, kendala pada saat mau mengeprint selalu gagal itu tandanya bahwa ada yang lemah pada usbnya. Bisa juga membeli kabel yang berkualitas tinggi yang ujungnya ada semacam bulatan untuk penguat arus biasanya warna hitam.

Demikian info dari saya.
NB : Jika membeli powersupply yang bagus sekalian dan wattnya yang besar 350 keatas.

David mengatakan...

Pagi Pa Agus,
Saya mau tanya2 re. printer saya. (Canon IP 1800).
Printer ini bisa lancar nge-print kalo pake laptop saya. Tapi, tidak bisa nge-print kalo pake komp desktop saya.
Saya sudah coba install ulang drivernya di desktop. Install ulangnya berhasil, tapi tetap tidak bisa nge-print.
Padahal , saya juga sudah melihat ada pilihan nama printer tsb (Canon IP 1800) ; status IDLE ; Type printer CANON IP 1800 series ; Where USB003…...
Begitu saya eksekusi print, maka akan keluar dialog box : failed to print dsb. Bagaimana solusinya ?
Oh, ya…sbg info desktop saya cuma memiliki 2 slot USB, dan keduanya sudah dicoba connect ke printer, tapi tetap tidak berhasil.
Terima kasih sebelumnya atas bantuan / advise Pa Agus.



Salam,

David.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Trimaksih pak sudah mau berkunjung, semoga bapak menemukan banyak manfaat di blog ini.
Mengenai kasus yang bapak hadapi saat ini saya menangkapnya agak kurang jelas, karena bapak tidak spesifik pada lambatnya itu pada saat membuka internet atau pada saat kerja biasa?
Ciri-ciri komputer kena spyware biasanya komputer akan melambat jika kita sedang terhubung dengan internet, karena banyak program-program yang disusupkan oleh spyware untuk mencoba menghubungkan komputer kita dengan pemilik spyware tersebut tanpa kita sadari.
Saran saya gunakan fasilitas HijackThis yang sudah saya bahas di artikel saya Mempercepat Komputer dalam satu menit.Matikan semua fungsi yang tidak diperlukan di registri dengan software ini, niscaya komputer bapak akan cepat seperti sediakala. Coba install ulang AVGnya dan lakukan update sampai detik terakhir dan lakukan scaning ulang komputer bapak sampai tuntas. Untuk lebih maksimalnya bapak bisa gunakan program CCleaner yang terbaru bisa di download gratis untuk membuang sampah-sampah yang ada di komputer. Saya tunggu kabar baik dari bapak.Salam

AAN SUGITO mengatakan...

terima kasih buat bapak agustinus atas saranya. ada hal yang masih mengganggu pikiran saya,
1. agar saya tidak memaksakan install windows apakah laptop quantel LX800
memang tidak suport untuk instalasi windowsXP soalnya dasar OS nya adalah
linux

Agus : Dengan windows BISA pak, sebagian besar laptop dibuat bisa diinstall windows, bahkan macintos / mac book pro juga bisa dinstal windows. Saya sudah bahas di artikel saya mengenai kesalahan2 dalam menginstall windows mungkin bapak bisa membacanya.

2. kalo hard disk sering di format apakah akan lebih cepat rusak atau tidak?

Agus : Memformat harddisk dipercaya dapat memperpendek umur harddisk. Hal ini sama sekali tidak benar. Memformat harddisk bukan merupakan aktivitas dengan beban kerja terberat yang ditangani harddisk. Bahkan beban kerja harddisk dalam proses format harddisk, masih jauh lebih ringan, dibandingkan saat operating system Windows mulai mengakses virtual memory. Beberapa pembenaran logis untuk mitos ini dengan pernyataan bahwa pergerakan head dalam proses formatting lebih aktif dan rumit dibanding proses nonformat. Malah sebaliknya, pada kenyataannya proses format melakukan pergerakan secara berurut, dari sector 500, 501, dan seterusnya. Bahkan, dikarenakan head read/write harddisk sama sekali tidak bersentuhan dengan platter secara fisik, jadi tidak ada gesekan tambahan sama sekali. Bahkan perbandingan ekstremnya, memformat setiap hari bahkan setiap jam sekalipun tidak membuat harddisk Anda cepat rusak. Atau setidaknya tidak akan lebih cepat rusak dibandingkan pemakaian normal sehari-hari.

3. apakah benar pada pemakaian awal baterai harus di charger selama 7 jam agar
baterainya awet

Agus : Betul Sekali Pak, karena pada saat dibeli keadaannya kosong, jadi dengan mencharger 7 jam bisa dipastikan sel-sel baterry akan terisi semua.

saya sangat berharap bapak Agustinus masih berkenan menjawab pertanyaan saya
Silahkan terus bertanya selama saya bisa pasti saya jawab.

terimakasih

Kembali Kasih


salam
Salam Juga

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Selamat Siang

Begini...saya akan buka warnet kecil-kecilan hanya 5 WS dan 1 server di rumah dan akan dibuka rencana besok siang tetapi ada kendala yaitu komputer nya sering mati pada saat dihidupkan pertama kali (server dan ke 5 WS problemnya sama).
pada server ketika saya hidupkan pertama kali biasanya pagi hari itu komputernya langsung mati dan saat saya hidupkan lagi untuk yg kedua kali komputernya mau hidup tetapi sampai welcome mau masuk windows komputernya mati lagi dan terus kemudian hidup lagi dengan sendirinya sampai Normal itu bisa mati 2 sampai 3x baru normal.
dan untuk komputer client problemnya begini misalnya saya hidup kan ws1 pertama kali langsung mati dan saya hidupkan yang kedua baru normal. kemudian saya hidupkan lagi ws2 sama juga langsung mati dan anehnya ws1 pun ikut mati juga demikian seterusnya untu ws3. pada ws3 sy hidupkan pertama kali juga langsung mati dan ws1 dan ws2 ikut mati juga.
kebetulan yang saya jadikan tempat untuk warnet dirumah saya sendiri tetapi rumah saya ini daya listriknya cuma 900 watt.
Demikian probem saya tolong di jawab apa penyebabnya dan bagaimana solusinya.

Terimakasih
Salam,
Iwan

AGUS ANSWER :
Pak sepertinya masalah bapak bukan pada komputernya tapi pada instalasi kabel listrik yang tidak bagus.Hal -hal yang harus diperhatikan dalam instalasi listrik :
1. Sambungan-sambungan harus benar-benar kencang dan bagus
2. Kabel yang digunakan harus yang berisi 3 dan berukuran NYM 3x2,5mm2 dan ardenya harus dipakai.
3. Gunakan Steker dan Stop kontak yang berkualitas mis merk BROCO
4. Jangan mengambil listrik dari satu sumber/colokan sebaiknya diatur dari beberapa titik, maximal 3 komputer 1 Titik

Kasus yang bapak alami silahkan coba satu komputer ke dalam rumah yang colokannya memang bagus / langsung, apakah masih bermasalah seperti itu tidak? kalo tidak benar yang saya katakan bahwa instalasi listrik yang tidak bagus.
Satu hal lagi bahwa penting sekali membeli komputer yang casingnya berkualitas sehingga powersupply yang menempel juga berkualitas bagus.

Salam




Agustinus

achmad basuki mengatakan...

laptop saya memakai windows xp pack 2 dgn 3 partisi drive, trus error ga bisa booting, di service tap data di drive D dan E hilang, aku lihat data lewat ACDSee masih ada di unmounted disk, bgaimana pindahkan data itu ? apa mungkin salah partisi?

Djatmoko mengatakan...

yth bp. Agustinus Tri Mulyadi,


Computer saya achir-achir ini sering restart tolong bimbing, saya computer AMD sempron RAM 256kb



Djatmoko

Email : dmk1154@gmail.com

Answer :
Bapak kerusakan komputer sering restrat ada beberapa hal yang biasanya terjadi :

1. Memory atau Ram bapak bermasalah bisa kotor / rusak.bersihkan kaki-kakinya dengan penghapus pensil.
2. Windows System bapak ada yang rusak.Lakukan Repair windowsnya bukan format.
3. Power Supply pada PC bapak sudah lemah, sehingga tidak mampu menggangkat beban yang ada.Coba Ganti Power Supplynya.
4. Switch pada casing tidak kembali alias kepencet terus.Coba lepas kabel yang terhubung ke mainboard lalu swicth secara manual pakai obenk.jika tdk restart berarti switch bermasalah.
5. Jika Restartnya setelah agak lama menyala kemungkinan ada kipas pendingin di bagian prosesor atau vga yang kendor atau lambat.

Sebaiknya bapak lebih rinci lagi menceritakan kerusakanya karena saya musti tau restratnya pada saat dimana, atau berapa lama?

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan semoga berhasil.




Salam




Agustinus

achmad basuki mengatakan...

Laptop saya memakai windows xp pack 2 dgn 3 partisi drive, trus error ga bisa booting, di service tap data di drive D dan E hilang, aku lihat data lewat ACDSee masih ada di unmounted disk, bgaimana pindahkan data itu ? apa mungkin salah partisi?

Agus Answer :
Coba bapak buka disk manajemen caranya: klik Control Panel>Administrative Tools>computer manajemen>disk manajements. Pastikan bahwa hardisk anda terbagi dalam 3 partisi, tapi jika yang ada drive letternya hanya di partisi C kemungkinan besar partisi hardisk yang lain belum ada drive letternya. Jika memang ini yang terjadi yang harus bapak lakukan sbb: Klik kanan pada partisi yang tidak ada Drive letternya mulai dari yang paling atas lalu klik Change drive letter and path lalu klik add lalu pilih drive letter D lalu ok. Demikian dengan satunya beri drive letter dengan E lalu ok.
Lalu keluar dari computer manajemen lalu cek apakah sudah bisa terbuka datanya. Jika belum gunakan software recovery data untuk menarik datanya kembali.

Semoga berhasil

Salam



Agustinus

Iswan mengatakan...

Saya punya masalah dengan komputer saya, tiba-tiba saja menu start di komputer saya hilang, saya berpikiran tidak mungkin menu startnya hilang begitu saja, pasti ada yang menyembunyikannya dengan menggunakan kunci pasword, tapi sampai sekarang saya bingung bagaimana cara mengatsinya. Mohon bantuannya. Terima kasih.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Kemungkinan besar komputer bapak terkena virus lokal, coba bersihkan dengan antivirus lokal, bisa menggunakan SMADAV bisa di download disini http://www.smadav.net/ disini ada menu untuk merapikan System, masuk saja ke tab system editor lalu cheklist semuanya klik apply. Saran saya lakukan scaning dulu pada komputer supaya bersih dari virus.Selamat mencoba

Budi Budiman mengatakan...

Kerusakan Laptop Jenis HP zv5000

Siang pak,

Nama saya budi, saya mau menanyakan kerusakan pada laptop saya, yang tidak bisa hidup lagi akibat saya tekan tombol F8 secara berulang-ulang pada waktu mau masuk safe mode.
waktu saya menghidupkan laptop saya tekan tombol F8 secara berulang-ulang untuk masuk ke safe mode namun tiba-tiba laptop langsung drop atau tidak berjalan. cuma kipasnya yang hidup. lampu-lampu power juga mati.
apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya.

Jawaban Bapak sangat saya harapkan agar data-data pada laptop saya tidak hilang.

Atas bantuan Bapak dihaturkan terima kasih.

Salam, Budi

Agus Answer :

Trimakasih pak Budi sudah mau bertanya. Jawaban saya sbb:

1. Data pada laptop bapak masih tetap aman, jika ingin mengambilnya caranya buka saja hardisknya lalu pasang pd casing external disk dan bapak bisa buka di komputer lain, sebaiknya segera di back up.
2. Sebenarnya tidak ada pengaruhnya memencet tombol F8 dengan komputer mati, kebetulan saja pada saat komputer mati bapak sedang melakukan proses itu.Jadi kesimpulan saya memang laptopnya yang bermasalah.
3. Apakah bapak sudah mencoba melepas battery laptop bapak? kalo belum silahkan di coba dilepas dan nyalakan tanpa menggunakan battery, karena bisa saja batterynya yang shot/rusak. Jika memang bisa menyala coba pasang kembali batterynya pakah bisa tau tidak? jika tidak sudah pasti batterynya yang bermasalah.
4. Apakah indikator arus masuk pada saat listrik di colokan menyala tidak? jika tidak kemungkinan mainboard pada laptop bapak bermasalah.Jika menyala ada kerusakan di bagian lain.
5. Coba kalo memang bapak bisa melepas keyboardnya lalu menyalakannya apakah bisa tidak? jika keyboard dilepas bisa menyala berarti ada tombol keyboard yang shot/kongslet. Jadi harus ganti keyboardnya.
6. Apabila semua sudah bapak lakukan namun masih bermasalh juga, sudah bisa dipastikan mainboard laptop bapak ngedrop ada komponen bagian regulator yang lemah.

Demikian informasi dari saya


salam



agustinus

Kurniawan Tarigan mengatakan...

halow.....salam kenal dari saya anak kalimantan yang bungul masalah komputer, trima kasih bapak telah membuka konsultasi gratis tentang komputer,...

saya mau bertanya,
di file yang saya lampirkan tu kan da tanda yang saya lingakri kuning,sama di menu bar nya da icon sperti bintang, tanda dan ikon tu muncul waktu saya coba2 mengupdate windows, pdahal saya sadar windows yang saya pke tu bajakan...(maklum suka cari yang murah dan tidak ribet), tanda trsebut mengingatkan low saya harus register ke windows asli smenjak da tanda dan ikon bintang tersebut kompter saya jadi da perubahan yaitu ketika dikasih wallpaper selang berpa lama wallpaper tu hilang, bgitu saya kasih wallpaper lagi, selang berapa lama lagi hilang tu wallpaper...

yang saya mau tanyakn gimana dong cara ngilangin tnda dan icon bintang tersebut, coz slain membuat komputer saya hilang wallpapernya,juga g'enak dipandang mata,soalny ketika dikasih wallpaper tanda tersebut terus ada.....

tlong bantuannya ya boz......,saya berharap tidak memakai cara format ulang, coz bikin capek......

Agustinus Answer :

Komputer bapak terdeteksi oleh Microsoft karena menggunakan software bajakan, dan bapak mendapat warning dari microsoft, saran saya jangan melalukan update secara online dengan cara manual saja seperti artikel yang telah saya buat. Oke ini saya kirimkan file untuk menghilangkannya. Caranya :

1. Buka dan extract file yang saya kirimkan dan simpan kedalam folder terserah dimana dan dinamai apa.
2. Setelah itu buka foldernya lalu klik installer.bat press any continue ada proses dan press any continue lagi lalu restrat komputernya. pasti tanda itu akan hilang dan desktop bisa diganti lagi.
3. Matikan automatic updatenya yang ada dicontrol panel.

demikian info dari saya, salam kenal juga.

Salam


Agustinus

NB : Jika ada yang mengalami hal yang sama dan butuh filenya silahkan email ke saya.

Kurniawan Tarigan mengatakan...

Alhamdulillah sukses, tanda dan icon tersebut telah hilang.....
saya mengucapkan terima kasih buuaannyaakkk pada bapak karena telah rela dan sudi membagi ilmunya secara gratis....smoga ilmu bapak trus bertambah, dan semoga hidup bapak selalu dalam lindungan Allah SWT, bertambah rizkinya, selalu beruntung, dan masuk surga.....

Harif mengatakan...

Assalamualiakum,,saya mau tnya,,mengapa beberapa kali saya instal SPSS 13,,pasti tidak bekerja,,"SPSS processor is unvailable",,mohon bantuanya pak,,terima kasih.Wss

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Harif kalo dari spss forum yang saya baca masalah kamu itu spssnya tidak bisa membaca data, kemungkinan kamu menggunakan versi yang trial, kalo memang kamu menggunakan bajakan kemungkinan besar cara ngecrack kamu yang belum pas, coba baca readmenya agar cara installnya benar.Coba install di komputer lain apakah masalahnya sama atau tidak?jika sama tentu masalah pada cd software kamu.Masalah ini tidak ada kaitannya dengan kerusakan hardware.Salam

Adji Darmawan H mengatakan...

Dear

saya memiliki masalah pada PC saya di rumah, permasahan yang sedang saya alami sekarang ini adalah. kompuer saya tidak dapat menyala, padahal saya sudah melakukan pengecekan pada powersupply tidak ada masalah, processor tidak ada masalah semua hidup dan berjalan, tetapi kenapa komputerku belum juga tampil startupnya.

Agus : Sejauh mana pengecekan powersupply bapak? karena benar ada powersupply yang menyala namun tegangannya kurang sehingga tidak mampu mengangkat beban yang ada di komputer bapak. Coba lebih detail lagi Spec komputer dan berapa besar watt pada powersupply bapak dan apa mereknya?saya bantu analisa

awalnya saya berfikir mungkin mainboard berserta isinya kotor, akhirnya saya coba untuk membersihkan semuanya sampai tidak ada satu kotoran yang nempel. ternyata pas saya nyalakan komputer saya ternyata permasalahan masih tetap sama.

Agus : ini langkah yang baik juga untuk ditempuh, komputer jadi bersih kan?he..he...

saya pikir mungkin masalah pada mainboard saya, maka saya langsung menuju tempat saya membeli mainboard saya itu. dan memintanya agar diperbaiki mengingat saya sudah berlangganan dengan toko tersebut. sampai dengan 1 minggu saya menunggu akhirnya selesai juga mainboard yang diperbaiki. ternyata tidak ada masalah ujar si pemilik toko tadi kepada saya dan mereka hanya mengUpdatekan bios pada mainboard saya. hal hasil saya tidak dikenakan biaya.

Agus :Kalo dari toko mengatakan oke sebaiknya bapak melihat langsung bahwa mainboard benar-benar di test didepan bapk dalam keadaan hidup berikut dengan komponen yang lain seperti memory, prosesor dan vganya ( jika ada ) sehingga bapak bisa mempersempit praduga-praduga kerusakan pada komputer bapak, kalo perlu hardisknya juga dipasang.

setelah dirumah saya langsung memasang mainboard saya terebut pada casing PC saya, dan ternyata permasalahan tak berubah masih pada permasalahan awal. komputerku tidak bisa tampil. akhirnya saya berfikir mungkin permasalaan ada pada Memory saya. akhirnya saya balik lagi ke toko tempat saya membeli, karena live time akhirnya memory saya di gantikan dengan yang baru. setelah saya mendapat memory yang baru, maka saya langsung memasangkan kembali pada komputer saya. dan ternyata hasilnya pun sama.

Nah saran saya yang tadi jika sudah dilaksanakan tentunya bapak nggak mondar mandir menduga-duga ini itu.

entah jalan apa lagi yang saya harus lakukan, sampai2 saya harus menggantikan beberapa hardware saya dan permasalahan tak kunjung terselesaikan juga. mungkin Brahmana Computer dapat membantu permasalahan yang sedang saya hadapi sekarang ini dan memberikan solusi yang terabiknya. terima kasih

Agus :
SARAN :
1. Coba ganti powersupply dengan yang lebih bagus saya curiga permasalahan ada di sana.
2. ( jika masih menggunakan powersupply yang lama )Pada saat mengetes komputer lepaskan semua komponen yang melekat pada mainboard, kecuali prosesor, vga ( jika ada ) dan memorry. Jadi bebaskan dari hardisk, cd rom, floppy agar beban powersupply tidak banyak sehingga mampu mengangkat beban dari mainboard, jika ini berhasil menyala pasang satu persatu, mulai dari hardisk sambil diperhatiakn pada komponen apa dia mulai tidak tampil.
3. Jika cara 2 tidak berhasil juga pastikan kelistrikan di rumah bapak bagus, usahakan gunakan kabel listrik yang bagus, untuk sementara colokkan secara langsung saja ke colokan yang ditembok jangan pake kabel roll.Karena kejadian ini persis yang pernah saya alami ternyata ada kabel yang meleleh sehingga arus tidak ke komputer tidak baik.
4. Bagaimana dengan monitor bapak apakah bagus?karena berkenaan dengan tampilan bisa juga monitornya yang rusak.
5. Coba perhatikan bunyi-bunyi yang timbul dari situ juga bisa dideteksi kerusakan ada dimana? bunyi sekali = komputer baik bunyi TIT panjang dan berulang-ulang = memory rusak bunyi TIT 3 X = Vga kendor atau monitor tdk ada.
6. Bagaimana dengan VGA apakah onboard atau card ? kalo boleh tau merk mainboarnya apa?
7. Coba test kembali mainboardnya dengan kondisi tidak terpasang pada casing, siapa tau ada bagian yang shoot ( konslet dengan body casing )

Demikian info dari saya semoga bermanfaat

Regards,


Adji Darmawan H



Salam




Agustinus

Rygan Gigs mengatakan...

permisi bapak maaf mengganggu ni pak saya mau nanya kenapa tiba2 di drive D saya muncul folder windows sendiri, apakah itu virus???tapi kalau saya scan pake antivirus PC MAV dan Avira kok g' ke deteksi sih...???komputer saya kan terkonek langsung internet setiap saya nyalakan komputer kok avira saya update sendiri seh, biasanya avira tu kan 3-7 hari sekali baru update ni kok setiap saya nyalain komputer pasti selalu update......untuk lebih jelasnya saya melampirkan file drive D saya.....mhon pak bantuan dan solusinya....

Agus Answer :
Langkah bapa membuka file melalui explorer saya lihat langkah yang tepat, coba buat tampilan/view menjadi detail dan perhatikan apakah folder windows tersebut extensionnya aplication atao folder jika folder bapak klik di dalam folder windowsnya apa ada isinya tidak ( jangan double klik tapi lewat kolom sebelah kiri ) Jika ada isinya beritahu saya isinya apa, jika kosong coba delete saja folder tersebut apakah hilang dan tidak kembali lagi atau tidak bisa terhapus?

Jika semua langkah sudah dilakukan dan ternyata folder windows masih ada berarti komputer bapak terkena virus, jika ternyata bisa hilang berarti hanya folder yang tercopy ke d secara tidak sengaja.

Sementara itu dulu jika memang tidak bisa hilang silahkan email ke saya lagi agar saya pandu bagaimana cara menghilangkannya.

Kalo memang itu virus mungkin jenis baru karena saya juga belum pernah menemukannya, sehingga antivirus belum mampu mendeteksi. Caranya menghilangkannya ya dengan cara manual dengan mencari dan membunuh perintahnya yang ada di registry.



Salam




Agustinus

Herman Fahri mengatakan...

Pak, win xp sp2 saya terdeteksi microsoft sebagai window bajakan.. Walpaper menjadi hitam dan ada ikon bintang di menu barnya.. Saya mohon dan berharap bapak dapat berkenan mengirimkan aplikasi untuk menghilangkan ikon tersebut ke email saya (fatihmusafar@gmail.com)
Atas bantuan bapak sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Oke pak segera dikirim, silahkan tunggu.Trimakasih sudah berkunjung.

Herman Fahri mengatakan...

Aplikasi sudah diterima dan berhasil.. Trimakasih atas kebaikan bpk.. Smoga ilmu bpk smakin bertambah..

Anonim mengatakan...

Maturnuwun Pak Agus,

Berkat tangan dinginnya, jendral virus di laptop saya dah kepegang, dan akhirnya bebas dari virus-virus yang menyebalkan itu.

Laurentius

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Sami-sami Om Bekti, semoga sudah atau cara menangkal virus yang sudah saya ajarkan bisa diterapkan dan dimengerti....

harif mengatakan...

Ass…mo tnya nih,,,laptopku ada masalah,,,buka tools,folder options,show hidden file.
nah disitu tdk akan terlihat hidden nya,,,dan pst kembali otomatis dont show hidden file.
mohon bantuannya ya supaya normal kembali,,,makasih banyak

Agustinus mengatakan...

wah kena virus lokal tuh pak, coba lakukan sesuai langkah-langkah yang ada di artikel saya yang terbaru kurang lebih sama, matikan system restore, masuk safe mode dan scan dng smadav...nanti akan normal sendiri...selamat mencoba.

harif mengatakan...

ok..makasi byk pak,,dah berhasil^_^,,bs ga aku minta buku teknik2 komputer,,saya mohon pak,,saya mau belajar..terima ksh byk ,email saya: rif_true@yahoo.co.id

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Sama sama pak, semoga semakin pinter.Mengenai buku2 teknik saya tdk punya karena saya belajar hanya dari mencoba-coba saja nggak pernah baca buku. Kalo mau belajar rajin-rajin aja cari blog yang seperti saya kan banyak bisa ambil ilmu sana sini.

Salam


Agustinus

harif mengatakan...

oke pak,,makasih byk saran nya,,iya sdh byk kok yg saya print artikel2 bapak,,hehe^_^,,saya sgt sng dunia komputer,,terima ksh

munir mengatakan...

siang...saya mau tny pak,,laptop saya ukuran mini 10"...
saya klik run,gpedit.msc tidak bs dibuka,,apa masalah komputer saya pak???
saya ingin menghentikan autorun laptop saya,
terima ksh atas bantuanya pak,,sukses slalu

munir mengatakan...

saya mau tnya,,laptop saya ukuran mini 10"
saya mau hentikan perintah autoplay,,,
saya buka run,,gpedit.msc nya tidak bs dibuka,,error..
mohon bantuanya ya pak...terima ksh byk,,sukses slalu

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Saya yakin sekali bahwa windows yang saat ini ada di laptop bapak windows xp home edition atau vista home basic ya....karena gpedit.msc hanya ada di windows XP Profesional dan Vista Bussines dan Ultimate. Bisa dengan cara kedua menggunakan program Tweek UI. donwload disini http://windowsxp.mvps.org/tweakui.htm

Salam



Agustinus

harif mengatakan...

pak,,,sy mo tny lg nih,,laptop saya tdk bs buka internet explorer,,dan buka alamt microsoft.com tdk bs pak,,mohon bantuanya ya,,terima ksh

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Harif,pertanyaanmu kurang detail, nggak bisa dibukanya itu seperti apa? keluar perintah apa? dan kamu mengatakan tidak bisa membuka microsoft.com itu kamu membukanya lewat browser apa? Ada kemungkinan laptop kamu ke spyware, atau juga bisa kamu download IE yang versi delapan trus kamu install lagi.

Rygan Gigs mengatakan...

sory boz nanya terus....ni saya buka warnet trus dicomputer klient tu ada tulisan seperti yang saya lampirkan gmana solusinya boz, coz computer client tu g' bsa network ke server

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Wah sebenarnya kalo bahasa inggris bapak bagus harusnya tau lho masalah ini, jelas disitu ditulis duplicate name, jadi ada kesamaan nama komputer karena mungkin install windowsnya dnegan nama yang sama, coba ganti di masing2 komputer dengan nama berbeda misalnya User1, User2,dll. dengan cara klik kanan my computer >properties>computer name> ganti deh nama komputernya lalu restart. udah bisa tuh

Besok kalo mau konsulatasi lewat komentar di blog ya pak biar saya tidak repot posting ke blog saya jangan langsung ke email, nanti saya tidak layani.


Sekian dan terima kasih

Rygan Gigs mengatakan...

sebenarnya saya tu tahu artinya kalo da duplicate name artinya ada yang sama cuma maslahnya saya tu gak bisa cara memperbaikinya atau mengatasinya........tapi saya bener2 berterimakasih pada bapak yang selalu membantu saya dalam mengatasi masalah komputer....bayangkan kalau ga' da bapak pasti q bingung mau ngapain paling2 yang format ulang.....he..he....

maksud saya tanya2 masalah lewat email tu biar saya dapat melampirkan file yang eror tersebut, ntar low sya nanya lewat posting di blog gmna caranya ngelampirin filenya....

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Oke pak sama-sama semoga usaha warnetnya semakin lancar saja.Saya kira bapak tidak usah melampirkan gambar masalah yang bapak hadapi cukup menuliskan disini agar pertanyaan bapak bisa bermanfaat bagi orang lain juga. Jika memang saya minta untuk kirimkan filenya silahkan dikirim, namun sejauh ini pengalaman saya masih cukup untuk menganalisa masalah dari teks yang muncul.

harif mengatakan...

iya pak,,ni detail nya,,,IE sdh bs saya buka ,,setelah saya cari ternyata masalah ada di antivirus...trus saya disable anvas-beta guardnya,,klo guardnya saya aktifkan,,pasti tdk bs dibuka,,error bertuliskan kira2 "windows cannot read file..........."
mengapa ya??
trus situs microsoft.com tdk bs dibuka di browser apapun,,baik opera,mozzila,atopun IE sendiri,,kira2 :"cannot find server.....",,,ya seperti tidak ada konek internet gitu,,padahl sdh pake speedy.
gmn penanggulanganya ya pak,,???oia windows saya copyan aja,,bajakan gitu,,hehe
terima kasih byk,,sukses slalu pak!!!

RiNy mengatakan...

pak,,saya mohon bantuan memilih laptop,,,kira2 merek dan type apa ya untuk budget 6,5 juta..klo bs yg ada bluetooth nya,,terima ksh pak atas saranya,,

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Harif komputermu kena virus spyware, jangan gunakan ansav guard agak bermasalah.Untuk lebih maximalnya kamu bisa bersihkan dgn anti spyware bisa dng spyboot yang gratis di sini :http://www.safer-networking.org/en/download/index.html ini sangat manjur dan gratis. Dicoba ya...sebaiknya di update dulu sampai detik terakhir biar muantab...

Agustinus mengatakan...

Riny, saranku adalah laptop acer Aspire One, sudah lengkap ada win xp home original, mem 1gb, hdd 120Gb, bluetooth,wifi, webcam, non cd rom layar 9" berat 1 kg.Bisa dilihat disini http://www.bhineka.com/products/sku00508878.aspx
Harga berkhisar 6 jutaan kalo yang mau mahal dikit ada modem HSDPAnya bisa internetan di dimana-mana. Wah sisa tuh duit kalo 6,5...buat nraktir aku ya...he..he...he...

harif mengatakan...

mksh pak saranya,,tapi problemnya jg ada disitu pak,,situs spyboot trsbt yg bpk berikan jg ga bs dibuka..tp temen saya bs pak,,oia ga bs jg untuk update software apapun ni laptop.emang bener2 kna spywer yg high ya laptop saya ini..skli lg terima ksh byk pak mhn bantuanya

Adhink Rockman mengatakan...

agaimana caranya menghilangkan virus driver sys.vbs?

Agus : Bagaimana bapak tau ini adalah virus?dan mengatakan ini virus?
karena saya belum pernah menemui virus dengan nama tersebut diatas.

dan bagaimana cara memperbaiki file word.doc yang tulisannya berubah menjadi kotak-kotak dan simbol-simbol yang tidak jelas,
ada saya sertakan juga gambar nya! dan bagaimana bisa terjadinya masalah itu?

Bapak simpan di mana file tersebut?hardisk atau Flasdisk? Nampaknya maslahnya ada di fisik hardware penyimpanannya sehingga merusak file yang disimpan.Kemungkinan ada bad sector di hardisk atau flashdisk pernah jatuh.Coba perbaiki file tersebut dengan menggunkan program easy recovery disitu ada software untuk memperbaiki file word.Bisa di download trial disini http://www.ontrackdatarecovery.com/data-recovery-downloads/#data pilih yang profesional.

thank's
saya butuh pencerahannya?
Semoga sudah cerah he..he...

Sama...sama...pak

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Harif, sebaiknya kamu download dari komputer lain deh, trus dijalankan di laptop kamu, jelas tidak bisa dibuka kerena spyware sudah memasukan list alamat2 web yang penting2 dan menutupnya.Think Smart.

harif mengatakan...

maksih pak,,software trsbt sdh saya downlod di laptop tmn,,,trus sya ambil,,trus ga bs jg untk menginstalnya dan mendonlodnya,,apakh hrs saya instal ulang laptop saya..salam

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Kamu pake antiviurs apa? coba pake avg 8.0 selama ini sih bagus saya pakai, tapi jika memang mau di install ulang sih nggak papa juga cuma jadi lebih repot aja.Tapi kalo mau coba lagi yang ini bisa juga http://www.superantispyware.com/index.html. Jangan Cepat menyerah ,itu kunci sukses untuk berhasil di setiap masalah.OK

harif mengatakan...

terima ksh pak,,,laptop saya sudah normal kembali berkat bantuan bpk..
oia saya sudah menginstal service park3 seperti yg ada di artikel bapak..yg saya tnyakan,,apakah windows saya sdh original,,??dan bpk suruh automatic updates,,apakah bs diterima oleh pihak microsoft.??tkt nya akan ada tulisan "resolve now atau your windows it's not genuine"
terima ksh byk pak,,sukses slalu,,salam

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

ha..ha...ha..harif kamu ini pertanyaannya lucu sekali, sekali windows bajakan akan teatp bajakan selama kamu belum melakukan pembelian lisensinya belom akan jadi asli, jadi tetap matikan saja automatic updatenya dan download manual saja updatenya.

Yayan Heryana mengatakan...

Mas Agustinus, saya lagi cari driver sound card dan vga onboard, motherboardnya Matsonic MS9158D. Sudah coba cari di google, tidak dapat yang cocok juga.

Salam kenal,

Yayan Heryana

Melani mengatakan...

Mas Agustinus salam kenal nama saya Melani

Saya ada problem yang membingungkan mohon bantuannya

Saya baru saja membeli modem wireless Huawei E-220, modem ini memiliki installer di dalam modem dan tidak menggunakan CD intaller terpisah.
Pada waktu pembelian saya sudah mencoba tes di dua komputer berbeda dan installer dalam modem bekerja, begitu modem ditancapkan, autoinstall keluar dan tinggal next, next, next. Sehingga saya simpulkan modem dalam keadaan baik.

1. Modem saya bawa pulang, dan saya tancapkan di usb port komputer saya. Saya menggunakan windows XP, spesifikasi komputer AMD Athlon (tm) XP 2400+ 2.01 GHz, 512 MB of RAM.
System sudah service pack 2

2. USB port saya ada 6 (dibagian belakang semua) dan selama ini 3 diantaranya saya gunakan untuk scanner, printer, dan pen tablet dan kesemuanya berfungsi baik. Kadang usb port yang tidak terpakai juga saya gunakan untuk flash disk, kabel data kamera dan hp, dan semuanya berfungsi baik.

3. Terdengar suara "dingding" tanda hardware baru terdetect dan keluar tanda panah hijau (untuk remove hardware) di sebelah kanan bawah, dari icon tersebut keluar tulisan "found new hardware" kemudian "found CD-drive" kemudian "hardware ready to use."

4. Dalam my computer saya keluar drive baru berupa "CD-Drive (I:)" dengan icon CD-drive yang empty. Lampu modem berkedip2 tanda menangkap sinyal GPRS dan 3G.

5. Mulai dari sini terjadi keanehan, kursor saya tiba2 berubah menjadi kursor panah dengan jam pasir kecil disebelahnya (tanda loading), sesaat kemudian kursor kembali normal (panah biasa), kemudian menjadi kursor loading, kembali ke normal, loading lagi, dst. Kursor beganti-ganti antara loading dan tidak dengan cepat, seperti berkedip-kedip dan itu TIDAK BERHENTI sama sekali.

6. "CD-Drive (I:)" tempat modem itu terdetect tidak mengalami perubahan, tetap berupa icon CD-drive yang empty.
Kalau saya klik dua kali CD-Drive ini, muncul tulisan "please insert a disk into drive I:"
Kalau saya select drive I: tsb si box "Details" sebelah kiri monitor tulisan "CD-Drive (I:)" tampak hilang-muncul-hilang-muncul.

7. Autoinstall modem tidak berjalan, dan saya juga tidak bisa menginstall manual karena modem tidak terdeteksi.

8. Akhirnya saya meng copy installer dari modem teman yang sama tipe dan merk, dan saya install dari sana. Modem bisa berjalan ketika saya detect dari program modem tersebut.

Masalahnya selama modem dijalankan kursor saya tetap berganti-ganti dan ini sangat annoying, saya juga mengkhawatirkan modem akan cepat rusak karena seolah didetect berulang2.

Kira-kira kenapa ya mas?? Bingung saya

Lalu satu hal lagi, saya ada masalah yang sama dengan beberapa orang diatas, yaitu windows saya terdeteksi oleh microsoft sebagai windows bajakan.
Ada ikon bintang hitam di kiri bawah desktop
Bolehkan saya minta file untuk menghilangkan ikon tersebut?
Alamat email saya lyrie_vagghy@yahoo.com

Mohon Pencerahan

Terima kasih banyak Mas Agustinus

my blog mengatakan...

sallam pak..!

saya punya laptop merk Compaq presario C500..! Dah 2 tahun dan battere nya Nge-drop...!

cara ngembaliin kondisi battere nya ke kondisi 95%nya gmana?
kalo Beli baru harganya berapa?
trus kalo ganti cell nya gmana?
di bandung dimana yang bisa ganti cell battere..?
terima kasih...!
mochreadi@gmail.com

rina mengatakan...

malam..saya mhn bantuan pak...laptop saya layarnya tiba2 berubah jd seperti rusak fleksible gt...padahl sehari sebelumnya baik2 aja pak,,,skrg layar jd redup rabun..ya sejnisnya gt pak,,apkh gr2 virus,,krn laptop saya,,setiap diaktifkan muncul kata2..."your computer has been detection"mhn bantuan nya ya pak,,terima ksh

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Salam kenal juga melani

Mengenai kasus yang kamu alami Loading sering kali muncul itu sepertiny ada proses yang memang sedang berjalan atau berusaha running sehingga seakan-akan proses putus nyambung putus nyambung. Jika kamu sudah coba di beberapa komputer dan hasilnya bagus berarti maslah pada system yang ada di komputermu, kemungkinan besar komputermu terserang virus spyware, sehingga pada saat ada koneksi internet dia berusaha running, karena memang rata-rata cara kerja spyware itu akan bekerja jika ada coneksi internet. coba kamu pastikan dulu scan dengan antispyware bisa di download disini http://www.superantispyware.com/download.html . Demikian informasi dari saya semoga berguna. Oke akan saya kirim filenya

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

buat My Blog
Sebaiknya ganti baru jika ganti cell umurnya cuma 3 bulan, atau beli yang compatible aja kalo mau murah, yang asli bisa berkisar 2 juta dan compatible sekitar 900rb. Saya tidak atau dimana tempat servis yang ada di bandung karena saya ada di jakarta.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Untuk Rina

Cara mendeteksi apakah layar LCD kamu rusak atau tidak kamu bisa gunakan monitor biasa lalu pasang pada colokan vga yang biasa digunakan untuk infocus, jika tampilan bagus dan tidak seperti yang kamu keluhkan berarti memang lcd kamu yang bermasalah, Jika hasilnya sama berarti masalah pada system kamu atau pada onboard VGA pada mainboard laptop kamu. Jika masalah pada lcdnya kemungkinan besar alat inverter pada lacd kamu yang rusak bukan pada layarnya, sehingga tampilan meredup karena fungsi alat ini sebagai penguat arus pada lcd agar lebih terang.Semoga tidak salah jawaban saya.

agus mengatakan...

pak,saya mo tnya,,laptop saya axioo TVW 14" core2duo memori 1GB,,,mslhnya pd menjalankn game bola winning eleven,,,mengapa jalanya permainanya kok lambat bgt ya pak,,seperti slowmotion gt,,pdhl sdh diseting cepat,,,apakh maslh dr VGA nya,,mhn bantuanya pak,,dan gmn cara mengatasinya agar game nya bs lancar,,terima ksh byk

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

agus....agus...he..he...nama kita sama ya....oke biasanya kalo membeli cd game pasti ada spesifikasinya apa saja, naha kira2 laptop kamu masuk standard yang dibutuhin nggak? Trus laptop kamu VGAnya share atau misah ramnya, kebanyakan laptop share dari memory yang ada, jadi misalnya memory kamu 1 GB kepakai untuk vga 64 MB jadi memory yang tersisa untuk kerka hanya 936 MB.
Coba untuk membantu kamu cari direct X yang terbaru lalu install ke laptop kamu siapa tau bisa memperlancar. Ada baiknya kamu tambah ram kamu menjadi 2 Gb agar lebih lancar lagi.

POTO-Q mengatakan...

cpu saya sudah saya nyalakan tapi yang muncul bunyi tit tit terus menerus dan ketika saya buka lampu yang di madebot nyala....
bagaimana solsinya? tks

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Lepas Ram Memory pada komputer lalu bersihkan kaki-kakinya yang terbuat dari kuningan dengan penghapus pensil, lalu pasang kembali.Jika belum berhasil ganti memorynya dengan yang baru.Jika memory lebih dari satu coba pasang satu persatu agar ketahuan memory mana yang bermasalah.

Anonim mengatakan...

danis

pak, saya pnya laptop merk toshiba satelite, windows vista geniue premium
kmarin q coba2 instal ulang laptop saya,..eh partisi D and E nya ikut terhapus alias hilang jd scara otomatis data q hilang smua...
ktika q cri di internet cara balikinnya, q dpat pke get data back,,..

tpi ketika q pake tetep ga' bisa...trus q pke pc tool recover file jg g' bisa jg,,..pke ontrak recovery disk g' bisa jg.....tlong saya donk pak gmna cara balikin data q yang udah kformat

Anonim mengatakan...

bapak agus yang saya hormati,.....
q mnta tolong bisa g' bapak kasih cracknya ato serial numbernya remote administrator 3.3 seblumnya makasih ya pak

Anonim mengatakan...

Selamat sore,Pak..
Saya Herlambang..yang berkonsultasi via email kemarin..
Bagaimana,Pak??
Apakah ada solusinya?
Kemarin sdh sy coba dgn memilih Drive Test option.. kmudian sy pilih Full Diagnostic Test..
ternyata hasilnya 'Failed'..

Saya juga sempat screen shot resultnya..
Bagaimana jika saya kirimkan screen shotnya??

mohon bantuannya..
Trims.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

To Herlambang
Wah itu tandanya hardisk bapak sudah bermaslah, kemungkinan besar data tidak bisa terangkat karena fisik dari hardisknya memang sudah rusak.Salah satau cara jika memang datanya penting bapak pergi ke tukang recovery data di sekitar bapak, saran saya cari yang profesional hanya bayarannya pasti juga lebih mahal.Melihat dari attachment kerusakan pada sector hardisknya jadi besar kemungkinan data rusak karena media penyimpanannya bad sector.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Danis,
Semua cara udah kamu coba ya...tapi coba dengan Easy Recovery Profesional, tapi saran saya kalo laptopnya sudah tidak garansi, lebih baik keluarkan hardisknya lalu masukkan ke external disk dan jalankan recovery dari komputer lain dengan memilih Format Recovery.Semoga berhasil ya

heri mengatakan...

mau tanya pak,,laptop saya tdk bs buat create a new connection,connect to the network at my workplace,,dial up dan VPN tidak bs di gunakan.dan jg laptop tdk bs tekan start "u u" untuk men shut down windows..dan menginstal service park 3 yg bpk sarankan jg tdk bs,,bertuliskan kira2 "this computer is not system windows file",,karena smua mslh itu saya rasa setelah saya instal vista skin by hamed..bagaimana pak mengatasi laptop saya,,,dan saya jg tdk pny CD instalisasi windows.terima ksh banyk pak

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Coba kamu uninstall Vista Skin By Hamednya semoga tampilan menjadi normal lagi dan bisa update SP3nya.Memang jika standard windows di rubah servive pack akan menolak untuk melakukan perubahan. Mengenai tidak bisa buat conection pastikan bahwa modem dan lancard kamu terinstal dengan baik.Coba cek di device manager ada tidak modem dam lancernya. Coba lebih detail lagi nggak bisanya itus pas dimana dan apa keterangan yang muncul.

prima mengatakan...

maz...q mau tanya,laptopQ windows vista kok gag bisa di install spss 10/12 ya..?
pasti berhentinya pas di suruh masukin license code...pas mau di update gag mau....gimana ya maz solusinya..?makasih sebelumnya...

ARIE mengatakan...

ARIE:
Yth. Dr IT,
komputer saya kna blue screen nih,
di coba ke semua safe mode tetep kluar blue screen,
gmn solusinya yah ?

Tulisan pda blue screen nya seperti ini :

a problem has been detected and windows has been shut down to prevent damage to your computer.

UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME

if this is the first time you've seen this stop error screen, restart your computer. If this screen appears again, follow these steps :

check to make sure any new hardware or software is properly installed. If this is a new istallation, ask your hardware or software manufacturer for any windows updates you might need.

If problems continue, disable or remove any newly installed hardware or software. Disable BIOS memory option such as caching or shadowing. If you need to use safe mode to remove or disable components, restart your computer, press F8 to select Advance Startup Option, and then select safe mode.

Technical information:
*** STOP: 0x000000ED (0x823CFC08, 0xC0000032, 0x00000000, 0x00000000)
AGUS ANSWER :
Sebelum menanyakan hal tersebut sebaiknya bapak terangkan dulu sebelum blue screen bapak melakukan apa dalam komputer bapak mis : isntall program , tambah hardware baru atau kuatk-kutik apa, sperti dokter orang sakit pasti pertanyaan itu juga akan muncul untuk menganalisa penyakit disebabkan karena apa.

Secara garis besar masalah blue screen sbb :

1. Memmory/ram rusak, karena itu windows tidak bisa bekerja sempurna
2. Hardisk ada bad sector di awal, coba pakai dos ketik scanfix c: untuk mengetahuinya.
3. Partisi pada hardisk hilang dikarena Virus atau listrik mati mendadak sehingga software yang ada di chipset hardisk terreset sehingga hardisknya rusak. Untuk yang satu ini bapak bisa coba scan dengan komputer lain agar bisa kembali normal dan backup data.
4. Karena Crash Program yang terinstal dengan program lain sehingga proses bekerjanya tidak sempurna mengakibatkan blue screen.namun jika masuk safe mode biasanya bisa.
5. Windwosnya rusak coba lakukan dengan cara merepair winndowsnya jangan di format melalui cd instaler pilih repair.
6. Karena memasang hardware baru dan driver instalasinya tidak cocok.

Mungkin itu dulu silahkan dipilih yang mana yang sekiranya cocok, analisa saya semntara ini adalah bahwa parrtisi hardisk anda hilang karena di situ dituliskan UNMOUNT_BOOT_ VOLUME yang artinya tidak bisa membuka Partisi Bootablenya.

Salam



Agustinus

kiki tsalatsita mengatakan...

Pak Agus,

saya punya netbook Acer Aspire One 150. netbook saya sering bermasalah sehingga 2 kali di-format ulang. nah, akhir-akhir ini netbook saya sering tiba-tiba hang dan sekarang penyakit lamanya muncul lagi, booting lama dan gak masuk2 ke sistem. cuma bisa dibuka pake safe mode, biasanya gejala kayak gini mesti install ulang lagi.

tapi acer aspire itu kan ada fitur e-recovery nya untuk mengembalikan/restore sesuai dengan standard pabrik. di netbook saya ada 2 drive, drive C dan D. untuk program file, document setting, dsb terletak di drive C sedang drive D untuk data2 saya. kira2 kalau saya gunakan fitur e-recovery itu apakah data di drive D juga ikut hilang ya?

terima kasih, Pak sebelumnya.
salam
Kiki

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Beberapa kali saya mencoba merecovery notebook sih data yang di partisi selain C: tidak akan ikut hilang, namun alangkah baiknya kamu backup dulu datanya untuk mencegah hal2 yang kemungkinan dapat menghilangkan data di partisi lain, karena terkadang ada perintah2 yang harus di pilih agar partisi yang ada tidak ikut ilang.Perlu di ketahui masalah kamu sepertinya bukan di hardwarenya tapi di softwarenya, mengingat seperti yang kamu katakan sudah 2 kali di format dan selesai format lancar kembali.Itu menandakan masalah bisa terjadi karena softwarenya bermasalah, coba cari sebabnya agar kerusakan ini tidak berulang.Salah satu cara dengan memilih antivirus yang baik agar terhindar dari serangan virus.Baca juga artikel saya Beberapa kesalahn dalam instalasi windows agar prosedurnya benar.


Salam


Agustinus

Gian mengatakan...

Mas..... aku mau taya, bagaimana sih cara memperbaiki komputer yang mati akibat terkena virus?????????


Terimakasih, mas sebelumnya

SALAM

Gian

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Mati ada 2 : Mati komputer nggak nyala sama sekali berarti hardwarenya yang rusak jadi harus diservis atau di ganti. Yang kedua Mati karena windowsnya tidak muncul..alias tidak booting...kira2 yang mana? kalo bisa bertanya itu lebih deatil jika ingin dapat jawaban yang tepat dan akurat.

Anonim mengatakan...

mas ...aku mau tanya laptopku asus M 5000.kenapa pas mau masuk windows ga bisa dia harus tunggu lama/panas dulu br bisa.start awal cm ada tampilan asus masuk kebios trus balik lg kebios nya gitu terus sampai panas br dia bisa masuk kewindows nya.start awal layarnya jg jelek garis garis gitu kalo dah panas ga akan muncul lagi& ok bisa dipakai.

Terima kasih sebelumnya.

aris_budy@yahoo.com

Gian mengatakan...

Maaf Mas Pertanyaanku kurang. Maksud saya komputer mati karena tidak bisa booting, Gimana cara memperbaikinya, Mas????????




Terimakasih ats tanggapannya,

Salam

Gian

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Itu VGA onboardnya RUSAK, sudah kendor cara memperbaikinya harus dibongkar dan diblower bagian Chipset VGAnya tapi kemungkinan berhasil 50:50, antara berhasil atau malah mati sekaligus dan jika sudah mati harus ganti mainboarnya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@ Gian: Kamu cari aja cd intaler windows XP lalu boot dari cd tekan enter lalu ada pilihan repair jika di temuykan versi windows sebelumnya pencet R tunggu aja proses sampai windos selesai instal.Semoga berhasil

Gian mengatakan...

Terima kasih atas sarannya,
Semoga sukses selalu,


Mas,aku mau taya lagi nih......
Komputerku memakai antivirus Symantec,suatu hari mendeteksi virus w32.sality.ae yang menginfeksi file di folder document and setting di local disk C dan mengkarantinanya.Suatu hari Antivirusku juga ikut terinfeksi di document and setting....sehingga Symantec mengkarantina filenya sendiri. karena bingung,aku menguninstall antivirus symantec tersebut. Saat proses uninstall berlangsung,tiba-tiba prosesnya berhenti seperti ngeHang,karena berhentinya lama, maka aku Restart komputerku. Program Antivirusnya masih ada dan juga file karantinanya, tetapi di Add and remove Program tidak ada dalam daftar uninstall. Bagaimana cara menghapus program antivirus tersebut yang tidak terdaftar di control panel?????????????
klo bisa pakai software,Apa namanya dan dimana downloadnya??? Dan gimana dengan file virus yang dikarantinanya????




Terima kasih Banyak Sebelumnya,

Salam Sukses,


Gian

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Itu artinya proses penghapusan nortonnya tidak sempurna, sudah setengah jalan.Saran saya kamu instal lagi nortonnya lalu kamu hapus ulang sampai selesai.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

File yang dikarantina bisa jadi itu file system, kalo dihapus biasanya akan berdampak system pada windows bermasalah.Saran saya update saja nortonnya lalu restore yang di karantina dan lakukan scan ulang, jika belum berhasil juga biarkan virus tersebut ada di system bukan dikarantina lalu ganti antivirus yang lain yang mampu membasminya.

Gian mengatakan...

Mas aku dah install ulang antivirus nortonnya dan sudah di update, tapi gak bisa membersihkan virusnya.Komputerku kan udah terinfeksi virus, jadi gimana cara install Antivirus lain agar gak ikut terinfeksi virus saat menginstallnya??????


Thanksnya atas sarannya,



Gian

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Cara termudah adalah kamu pindahkan hardisknya di komputer lain, lalu kamu scan dikomputer itu, sehingga virus akan terscan secara tuntas dan bersih,sebab jika kita scan dihardisk tersebut Virus akan tetap bekerja dan akan sulit dihilangkan karena file-file sistem yang terinfeksi sedang bekerja semua.Tapi sebelumnya update dahulu komputer yanmg akan di gunakan untuk scan.

Gian mengatakan...

Mas apa gak ada cara lain untuk mengatasinya????
Kalau caranya Panjang, bisa dikirim ke Emailku : gsafaki@yahoo.co.id


Terimakasih atas Sarannya,


Gian

aji mengatakan...

pagi pak,,saya mau tny,,,laptop saya mggu2 ini kadang dipake,,tiba2 shutdown sendiri,,,ada kira2 sdh 6 kali,,yg terakhir td malam...apakah kira2 memorinya yg kecil,hanya 1GB,,terpakai VGA 200MB an,,jd sisa 700MBan,,krn kadang kan sy liat task manager,
performance,,,Physical Memory..available nya kecil bgt
kadang cm 100 mb an sob,,,paling mentok 300mb an,,gmn ya pak atasi laptop sy,,,terima kasih byk atas bantuanya

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Aji notebook kamu kemungkinan besar ada masalah di hardwarenya,bisa jadi pada memorinya kendor atau kotor, coba bersihkan dengan penghapus pensil, jika ingin mengetahui pastinya rusak di hardware atau software carilah cd windows yang bisa running dari cd mis: Win PE, Windows Media Center dan gunakan untuk menjalankan program-program yang ada dalam waktu yang lama,jika masih ngrestart maka masalah udah pasti hardwarenya dan jika tidak masalah berarti masalah pada softwarenya.Bisa jadi virus atau crass program yang lainnya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@ Gian : jika ingin bertanya tuntas kamu harus cantumkan jenis atau nama virus yang ada di komputer kamu agar bisa akau bantu carikan removernya.jadi bisa bersih tanpa harus format.

Gian mengatakan...

Mas, virus yang menginfeksi komputerku yaitu virus w32 sality ae dan Trojan horse. Tolong carikan removernya????????



Thanks


Gian

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

http://www.avg.com/virus-removal.ndi-67769 ini remover untuk sality nya kalo trojan horse biasanya bisa bersih dengan antivirus yang terupdate.Saran saya kamu scan di komputer lain agar lebih tuntas, karena sality melekat pada exe, sehingga kalo exenya sedang bekerja sulit dihilangkan.

nobma mengatakan...

maap pak ganggu, mo nanya ninch . . . . ?

ni mo nanya tentang ngatasi virus sality yg ud ngrusak di sluruh proses komputer sy . . . !!!!
kasusnya pak : pada saat sy mo lihat/jalankan program run,task manager, anti virus itu ud disable oleh virus sality tsb. jd ketika mo coba membuka dan membenahi ud nggak bisa lagi ato semacam formnya itu langsungs di close. dan malah pernah juga form anti virus (ansav) sy malah keluar secara terus-menerus ngak berhenti. so sangat parah juga pak,

jd sy mohon BANTUNNYA untuk diberi cara mengatasinya, tp kalo bs jngn di instal ulang. karena sy penasaran jg nich? please,

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Nobma : http://www.avg.com/virus-removal.ndi-67769 ini remover untuk sality nya kalo trojan horse biasanya bisa bersih dengan antivirus yang terupdate.Saran saya kamu scan di komputer lain agar lebih tuntas, karena sality melekat pada exe, sehingga kalo exenya sedang bekerja sulit dihilangkan.

Andin Nindya mengatakan...

selamat pagi pak..
saya mau tanya,jadi laptop HP 6530s saya waktu umur 4 bulan pernah klaim LCD karena tampilan LCD naek turun,trus selesai,baru 5 hari muncul gejala yang sama yaitu muncul garis hijau/merah di bawah layar,langsung sy bw ke HP service center lagi,sy minta ganti modul LCD keseluruhan,lalu beres,sekarang baru 1 minggu,gejala itu muncul lagi,sebenarnya ada apa ya pak dengan laptop saya,padahal buat klaim yang kedua ini layar sudah diganti baru,tapi tetep seperti ini.ada yang bilang pengaruh OS juga,apa iya pak?atao memang saya dapet barang cacat?sudah 2 x ganti masih seperti ini.mohon bantuan solusinya ya pak..oya,kalo dijual laptop serie ini laku diangka berapa ya pak?terima kasih,sukses selalu.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Andin : Sebelum kamu klaim kesana lagi, coba kamu ikuti langkah berikut. Siapkan satu monitor lalu colokkan pada laptop kamu lihat tampilannya apakah garis yang dibawah itu tetap masih ada atau tidak di layar monitor itu.Jika masih ada berarti masalah kamu bukan pada LCDnya melainkan pada VGA onboardnya yang menempel di mainboard.Namun jika di layar monitor tidak muncul alias bersih, permasalahan terletak pada LCDnya, atau Inverternya, atau Pada Flexible Cablenya.Nah untuk mengetahui hal ini memang harus dicoba satu persatu agar tau persis mana yang sebenarnya bermasalah. Jika memang masih garansi klaim saja lagi dan beritahukan hasil yang telah kamu peroleh dari percobaan diatas tadi sehingga mempermudah bagi mereka untuk menganalisa letak permasalahan yang sebenarnya.Selama masih garansi jangan sungkan-sungkan untuk klaim karena memang itu sudah hak kamu.Estimasi harga secondnya kurang lebih 5 jt.Demikian info dari saya semoga membantu.

Andin Nindya mengatakan...

To.Pak Agus.
terima kasih banyak atas bantuan solusinya.Sewaktu rusak kedua kalinya saya bawa ke HP,ada petugasnya yang bilang,bisa jadi itu masalah OS.soalnya waktu itu pernah ada kejadian seperti saya,dan diganti OS lalu bisa normal lagi.Apakah ada kemungkinan itu pak?ada tidak kemungkinan ini memang cacat bawaan?terima kasih atas bantuannya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Kemungkinan rusak OSnya sangat kecil karena yang nampak dilayar jelas fisiknya, tapi nggak ada salahnya dicoba saja, jika malas format ulang gunakan windows media center atau cd os yang lain yang bisa running dari cd ( distro ) seperti UBUNTU. Jika tidak muncul bisa jadi benar OSnya jika muncul sdh pasti hardwarenya.Bagaimana apakah garis juga muncul jika dalam kondisi start awal di dos, sebelum ke windows?jika muncul sudah pasti hardwarenya.Bisa jadi cacat produk dan memang belum ada yang diganti hanya di servis aja.Segera bawa saja lagi ke service centernya jika sudah melakukan pengetesan2 diatas.salam

SAI Xiii mengatakan...

Bos ane mau install ulang win xp sp3 di komp ane yg udah make win xp sp2,tapi stlh dinput cd key nya buat sp3,sempet running sbentar stlh itu ada timbul tulisan"setup was enable to read from or write to drive C.if a virus scanner is running,disable it then restart setup",ane bingung padahal anti virus di komp ane udah di hps2in...tu gimana solusinya ya Bos,atas pencerahan nya trima kasih sblmnya....

Agus answer :
Coba kamu download program CCleaner di www.ccleaner.com jalankan run cleanernya dan bersihkan registrynya dengan program tersebut.Kemudia masuk ke TOOL-STARUP-delete semua yang ada di situ lalu restrat komputernya. Coba deh install SP3nya.Salam

doni mengatakan...

Pak,Mohon bantuannya..
komp saya ko waktu dicolokin kelistrik langsung nyala padahal belum ditekan tombol powerx,terus biosx bilang ada error tp g ngerti,di run cuma ms connfig yg g mau karena dinyatakan tidak ada, terus waktu di matikan langsung end proses pak,trus jamnya selalu balik ke tanggal itu2 aja, setelah discan jg g ada virus..tp bila direstar g apa2..Tolongin ya pa...

Gian mengatakan...

Mas, Thanks atas sarannya kemarin......
Smoga makin pinter.........



Mas aku pya problem baru nih,
aku kemarin download software game gratis, lalu saya install kompiku, setelah saya install ternyata tidak terdaftar di Add Remove program. Tetapi di C:/program file/... terdapat folder game tersebut. Bagaimana cara menguninstall Game tersebut sampai bersih? Klo bisa pakai software, dimana downloadnya?


Salam Sukses,



Gian

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

hapus saja pake CCleaner bisa di download disini http://www.ccleaner.com/download masuk ke tool disitu ada untuk uninstall, biasanya nampak disana, jika nggak nampak juga berarti programnya hanya sistem copy saja tapi tidak install bisa di delete saja langsung.

Makasihnya jangan kalo mau nanya lagi dong he..he...he...BTW yang harusnya tambah pinter bukanya kamu???? salam

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Om Agus yg terhormat...
om tanya lagi ya,kmrn saya install win xp sp3 dari pas boot itu,semua berjalan lancar sampe pas selesai windows setup,trus kan restart tuh om,trus muncul logo windows xp pro dibwhnya ada tulisan SATA,eh dah gitu masa blue screen om,ada tulisannya "Auto check program not found,SKIPPING AUTOCHECK"gak lama ganti tulisannya(tetap blue screen),"stop:c000021a ( fatal System error),dll....trus saya ulang lg berkali2 tetap begitu juga om...malah saya ganti cd dgn win xp sp2 malah ga bisa baca om...gmana ya om...saya bingung dah..satu2nya komp ane rusak kali ya om..saya mohon om..solusinya gmana ya...

Agus Answer :
Yang kamu install itu laptop atau Komputer??? jika laptop kamu pindahin dulu di bios pada settingan hardisk SATA dari ACHI ke IDE jika mau install windows xp. Jika komputer bisa jadi ram / memory kamu rusak coba ganti yang lain, jika nggak bisa juga lakukan update SP3nya dari instalan baru, bukan service pack

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

doni : Jika komputer dinyalakan langsung on, itu tandanya switch digital pada mainboardnya sudah rusak, karena dia berfungsi sebagi penghubung arus listrik, jika tombol dipencet maka power supply akan nyala, tapi bisa juga knop yang ada di casing kongslet sehingga pada saat dinyalakan posisinya on.Jika kamu nggak ngeti error biosnya apa dicatet dan dikirim kesini biar saya bantu.Msconfig nggak mau bisa jadi dikunci oleh virus , gunakan smadav yang sudah mampu membersihkan registri sampai tuntas.Jika tanggal tetap sama bisa jadi battery cmos kamu sudah lemah,musti diganti.

Gian mengatakan...

Mas, Thanks ... Thanks ...Thankkkksssssssssss


Sory Ngucapin terima kasihnya Telat,
Karena aku baru Ngenet.......
Maklum blom pasang Internet di rumah, jadi harus ke warnet dulu deh.....


Salam


Gian

Anonim mengatakan...

Salam Kenal.....Aq anak Belitang
Mas...gmana cara mengatasi program yang sering don't send...Aq menggunakan Program Ulead Video Studio 11 Bajakan....di setiap kali aq sedang gunakan program itu sering don't send....mohon bantuannya...sebelumnya aq ucapkan trim's

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Salam kenal juga, saya anak Jakarta
Sebenarnya adalah virus lokal dan masalah ini pernah saya bahas coba kamu buka http://brahmacomputerservices.blogspot.com/search/label/ise32.exe Jika masih don't send juga kamu uninstall programnya dan install baru lagi tapi pastikan komputer kamu bersih dari virus.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Sy punya mslh dg pc sy ketika pc tsb dimatikan,muncul blue screen 'it is now safe to turn off your computer'
Maksud dan artinya apa yah? Sebelumnya sy ada instal nero dan jln kan prog tsb utk membakar cd,tetapi tdk mau membakar cd tsb,lalu sy restart,ternyata malah pc sy tdk menemukan windows tsb,sy langsung ambil keputusan utk instal ulang windows sy,ternyata sesudah windows tsb selesai di instal,ketika di matikan malah muncul masalah blue screen keterangan seperti diatas.sy coba bersihkan ram nya dg penghapus pensil,pengaturan power di bios jg sdh benar,tetap tdk membuahkan hasil,tlg bantu sy..?
Terimakasih banyak sebelumnya.

Agus Answer :
Masalah kamu bisa jadi registrinya di rubah oleh virus tuh, coba kamu scan dengan smadav karena disana bisa memperbaiki registri yang bermaslah.Masalah terletak pada system yang memmerintahkan untk auto shutdown tidak jalan.
Mengenai nero bisa jadi cdnya sudah lemah, atau nero kamu yang bermasalah.

Anonim mengatakan...

slamt siang jumpa lagi mas...aq anak belitang kemaren...aq pengen nanya lagi nich dengan masalah yang beda..kemaren aq kan ngilangin F1 pada saat boot...dan disaat sudah slesai aq setting biosnya mau aq simpen..aq pencet F10...timbul perintah save tapi setelah aq enter nggak mau keluar dari perintah tersebut..gmana ya solusinya...trim's

Agus Susanto mengatakan...

Salam kenal Bp. Agus

saya mengalami masalah dengan komputer saya. yaitu tidak bisa booting baik melalui hardisk maupun cd drive. padahal di bios, hardisk maupun cd drive terdeteksi. tapi ketika saya mau booting haridisk maupun cd drive tidak bisa. mohon bantuannya.
kalau bisa tolong kirim ke email saya : aguslangsar@yahoo.co.id
Terima Kasih

Gian mengatakan...

Mas, Apa kabarnya ?

Saya punya problem nih.....
komputerku pake Windows XP SP 2 dan Printer Canon BJC-2100SP (tidak berwarna). Printerku tidak usah diinstall karena sudah terdeteksi oleh windows. Kemarin saya mencoba menghapus file-file yang tidak digunakan oleh system dengan software Tune up Utilies 2006. Setelah selesai, saya mau menggunakan printer tapi komputer tidak mendeteksi adanya printer.Lalu saya masuk control panel dan di Printer and Fax tidak ada gambar Printernya, seharusnya sih ada. Memang pada waktu menghapus file, saya lupa menyalakan printernya, mungkin karena itu file printernya ikut terhapus dikiranya tidak digunakan system. Saya udah pake software recovery tapi nggak bisa. Bagaimana caranya agar printernya bisa kedeteksi Oleh komputer lagi sehingga printernya bisa digunakan lagi?????



Salam

Gian

Arifin mengatakan...

mas sy punya pc. sy instal ulang pk windows xp2 berhasil tp pd saat bootingnya kok ngehang / stag /berhenti(ngehangnya di logo windows trus dibwhnya ada yg "BERJALAN" lalu tiba2 diem). offboardnya ok trus sy ganti2 ma punya temen ttp aje mas. kira2 knpa ya ???

Agustinus mengatakan...

Agus Answer
Anak Belitang : Biasanya jika komputer muncul F1 itu tandanya ada configurasi bios yang berubah seperti tanggal atau ada penambahan spesifikasi pada komputer seperti hardisk atau ram. Jika kamu sudah melakukan perubahan tersebut dan melakukan save namun tidak berhasil, coba kamu clear cmos dulu melalui jumper yang ada di mainboard.Semoga berhasil.

Agustinus mengatakan...

Bp.Agus Susanto Salam kenal Juga, maaf telat menjawab :
Masalah yang bapak hadapi tersebut, memang sedikit aneh, masalahnya di bios terdeteksi namun tidak bisa booting dari keduanya.Yang jadi pertanyaan saya apakah sebelumnya hardisk dan CD romnya sama bapak gunakan saat ini bisa digunakan???saya kuatir kedua barang btersebut rusak, memang kadang kala di bios bisa terdeteksi namun hardisknya telah rusak boot sectornya atau cd romnya sudah lemah dalam pembacaan file yang ada di cd.Atau CD yang bapak pakai rusak. Mohon di cek semua kembali.Salam

Agustinus mengatakan...

@ Gian , kabarku baik
Gian masalah kamu itu, terletak pada Print Spooler.exe servicesnya mati.Coba ikuti langkah2 berikut :
Buka Control Panel-administrative tools-SERVICES lalu kamu cari deh Print Spooler lalu double klik lihat di service statusnya klik START jika memang servicesnya dalam keadaan stop.Klik OK lalu restrat Komputernya.Semoga printernya sudah ada.Salam

Agustinus mengatakan...

Jika pada saat instalasi windows tidak terjadi masalah apa2 berarti masalah kamu bisa jadi instalasinya kurang sempurna, yang jadi pertanyaan saya kamu format ulang atau repair windowsnya??? Jika format ulang bisa jadi software SP2 kamu itu yang modifikasi bukan bajakan yang dari microsoft langsung, jika repair windowsnya bisa jadi komputer kamu masih ada virusnya.Salam

Gian mengatakan...

Mas printerku sudah beres......
Terimakasih banyak....


Mas, ada problem lagi nih,
Sewaktu saya kik Local Disk (C:)di windows explorer,Folder di dalamnya kelihatan. Seharusnya kan muncul tuisan "These Files Are Hidden". Memang Sebelumnya saya scan Komputerku dengan Smadav rev.5, Registrynya terinfeksi virus dan saya mendeletnya. Bagaimana agar kembali seperti semula????


Thanks

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Masalah kamu tinggal setting di folder Optionnya saja, masuk ke drive c-tools-folder option-view-restore default-ok. Semoga benar itu maslahnya.salam

Rygan gigs mengatakan...

1. sya buka warnet,..salah satu komputer klien saya g'mo conek ke server,...padahal kabel jaringannya udah q tes pke tester dan laptop msih bisa. tampilan network connection di komputer klien tadi tu aquiring network....komputer tsb udh q setting IPnya tapi tetep za g' mau...
Jawab : Coba di unisntall dulu card networknya dari device manager, lalu di kenalin lagi dengan drivernya, ada kemungkinan problem disitu.Jika belum berhasil coba ganti dengan card networknya dengan yang lain,kemungkinan rusak.

2. sya kemarin ru za infus printer...truz stelah q pke ngprint kok warnya jelek bnget, warna hijau tu kyak warna hijau tp hampir putih, birunya jdi warna kyak ungu, truz merahnya g' merah betul....
tu knapa ya...???
truz gmana solusinya...???

Pastikan warna tidak terbalik infusnya dan tidak bocor ke tabung-tabung warna yang lain, ada kemungkinan juga ada beberapa tinta tidak keluar,maka test printnya gunakan warna dasr dulu Cyan, Magenta, dan Yellow, yang ada di photoshop atau corel draw, untuk mengetahui warna mana yang bermaslah karena dgn cara ini warna belum saling tercampur.

Solusinya .copot dulu infusnya gunakan yang asli normal kembali tidak, jika normal berarti tabung tinta sudah saling terkontaminasi.Bisa juga dengan cara menghabiskan yang ada di kotak tinta dng cara mengeprint sebanyak-banayknya warna yang bermasalah sampai habis jika memang tidak ingin ganti catridge.


Salam

Yati mengatakan...

Selamat siang Mas Agus. Makasih ada rubrik ini, saya yang tidak ngerti komputer jadi bisa ikut pinter. Mau tanya boleh ya?
1. Mas, dekstop pc saya beserta ikon-ikonnya tidak mau muncul yang ada hanya wallpapernya saja. Waktu saya ikutin saran mas Agus di artikel rs32net.exe untuk menekan ctrl+alt+del ada tulisan :"Task Manager has been disabled by the administrator". Gimana mengatasinya Mas ?
2. Bagaimana cara memformat tanpa kehilangan data-data yang sudah ada di hardisk?
3. CPU saya mengeluarkan suara yang cukup bising ketika sedang dipakai, kenapa ya Mas?
Mas Agus saya mohon bantuannya untuk menjelaskan langkah demi langkah.Terima kasih. Semoga kebaikan mas Agus mendapat balasan yang berlipat ganda dari-Nya.Amien..

Satria mengatakan...

Selamat siang Mas Agus.
Mau nanya sesuatu nih..., makasih sebelumnya.
Gini Mas, kok pengaturan waktu (tanggal, jam, hari, dll.) di komputer saya selalu ter-reset ke "1 Januari 2007, pukul 00.00"? Hal ini selalu terjadi setiap kali saya mematikan komputer saya dan menyalakannya kembali. Saya jadi kerepotan untuk harus selalu mengubah tanggal dan waktunya setiap kali saya menyalakan komputer. Apa ini ulah dari virus? Sekedar info tambahan, komputer saya selalu terhubung dengan internet, menggunakan Kaspersky 8.0.0.506 yg updated.
Mohon bantuannya Mas Agus. Terima kasih.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Yati : sorry kelamaan balasnya karena sangking sibuknya.Wah ternyata virusnya sudah mengunci sampai task manager ya, ada cara yang bisa kamu tempuh dengan cara menggunakan boot windows yang dirunning dari cd, semacam distro, jika itu kamu punya kamu bisa mengambil data2 yang ada didalam juga lalu membersihkan dengan SMADAV 2009 ver 5.2 sehingga virus akan bersih, jika tidak punya lakukan instal windows dengan cara merepairnya bukan memformnatnya.
Mengenai suara bising bisa jadi kipasnya ada yang bermasalah.coba kamu buka dan dengarkan dimana sumber suaranya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@satria : masalah kamu ada di battery cmosnya yang nempel di mainboar seperti battery jam tangan, coba kamu ganti saja mudah-mudahn benar itu masalahnya.

Sudomo Hong mengatakan...

Dear,
saya mw bertanya, knp ketika saya ingin Drice C: dan D: dari MyComputer dgn cara double klik icon C: atau D: nya(kebiasaan saya menbuka dgn double klik), tidak lgsg masuk ke isi nya Drive nya tetapi muncul kotak "OpenWith : "(dulu tidak begitu). Apakah itu di sebabkan virus? Bagaimana cara mengatasi nya?
Terima kasih.
Saya sangat berharap bantuan dari bapak untuk mengatasinya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@ sudomo :Karena di dalam drive c: dan d: bapak ada file autorun.inf sisa dari virus. Cara menghilangkan dnegan cara : buka my computer laluklik tools - folder option-view-cari hidden files and folders-pindahkan tandanya di show hidden files dan hilangkan tanda centang dua kotak di bawahnya. lalu oke. Buka explorer buka c dan d jika ketemu file autorun.inf delete saja lalu restart saja pasti bisa sembuh.lalu normalkan kemabali yang tadi kamu rubah.

RaNi mengatakan...

Saya mempunyai Notebook Presario c500/Presario C501TU. Saya menginstall ulang dan mengambil driver dari website COMPAQ dengan seri yg sama. Setelah menginstal ulang dengan sukses, restart dan menyalakan komputer untuk menginstal semua driver, terakhir saya menginstal WinFlash for HP system BIOS phoenix yang ternyata isinya adalah upgrade BIOS dari yg semula F12 menjadi F24. Masalahnya adalah ketika komputer reboot, hardisk menjadi tdk terbaca dan selalu restart ketika mulai boot. Ketika saya menginstal ulang windows utk kedua kalinya dari BIOS, hardisk pun tdk terbaca jd saya tdk bisa instal ulang lagi. Apa yg sebaiknya saya lakukan? Terima kasih, mohon bantuannya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Waduh rani sepertinya update tan bios kamu gagal deh, winflash itu fungsinya untuk mengupdate bios yang butuh waktu hanya sebentar tapi jika gagal bisa berakibat fatal, masalah hardisk kamu tidak apa-apa kamu tetap masih bisa mengambil datanya dengan cara mencopotnya dan memasang di casing external tentunya jika sudah tidak garansi dan memang datanya penting sekali.Mengenai note book kamu,sebaiknya bawa saja ke service center untuk di reset kembali biosnya agar di normalkan kembali.Yang jadi pertanyaan saya apakah kamu bisa masuk ke settingan bios tidak?trus hardisknya terdeteksi di bios tidak?ada kemungkinan konfigurasi di dalamnya ada yang bisa di kutak-katik seperti setingan hardiksnya dipindah dari sata ke IDE.
Coba dulu ya karena memang agak susah jika tidak melihat langsung ke dalam komputernya.Jika kamu di daerah jakarta bisa saya bantu untuk datang atau kamu yang datang.Tks

RaNi mengatakan...

kebetulan saya selalu membackup semua data dalam hard disk notebook saya jadi tidak masalah bila data tidak kembali, yang penting, notebook dapat kembali digunakan. Sampai saat ini saya masih bisa masuk ke settingan BIOS, tetapi krn saya sangat awam, saya tidak mengerti cara melihat hard disk apakah terdetect atau tidak. Sepertinya lebih baik saya datang ke service centre di Bandung agar tidak terjadi kesalahan lebih fatal jika saya otak-atik sendiri. Terima kasih banyak, penjelasannya sangat membantu saya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Rani : Oke sama-sama semoga laptopnya bisa normal kembali, sepertinya kalo bisa masuk bios itu blom parah kok, hanya settingan di biosnya berubah akibat ada pembaharuan software.Kegagalan update bios itu biasanya ngeblank tidak ada tampilan.Kemungkinan besar hanya masalah konfigurasi hardisk di bios kamu.Oke

Anonim mengatakan...

Pak, saya mengalami permasalahan yang sama dengan sdr. Andin Nindya yaitu muncul garis hijau/merah di bawah layar, garis juga muncul jika dalam kondisi start awal di dos, sebelum ke windows, oh ya Laptop saya merknya juga sama HP tipe CQ40, yang ingin saya tanyakan jika dibiarkan apakah garis-garis itu akan terus membesar ato ngga?

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Apakah kamu sudah mengikuti saran-saran saya seperti yang telah saya sampaikan kepada andin? dan bagaimana hasilnya?? Jika garis itu muncul di dos ada 2 kemungkinan yaitu LCDnya atau VGAnya namun bisa juga flexible kabelnya namun yang satu ini kecil kemungkinannya.Jika Vganya yang rusak biasanya komputer akan sering hang.Wah berarti produk ini nggak bagus ya, karena sudah dua notebook sudah mengalami hal yang sama bisa dismpulkan bahwa ada cacat produk dibagian tertentu yang sama.Ada kemungkinan akan membesar dan tidak karena kerusakan lcd agak sulit diprediksi.Ada kasus lcd teman saya sudah 2 tahun seperti itu nggak membesar.Salam

Aa Emh@ mengatakan...

salam sejahtera...
siang mang agus.
kmrn pas aq nginstal PC.dari awal pe akhir alhamdulillah sukses mang. tapi saat mau booting selalu ada pilihan F1: boot dan Del:setup.
biasane jika aq mengalami trouble kaya gini, settingan Floppyne di disable kan dah tidak keluar lagi.tapi yang ini kq ga ada.soale baru kali ini aq megang compaq.jadi BIOSnya tempate ga hafal.ma`lum mang baru belajar OS, pe skrg kl mau nyalain compi ya harus press F1 terus. mohon klarifikasine. sebelum sesudahe thanks mang agus ya...

handicraf-batik-indonesia mengatakan...

Komputer saya terkena virus sality dan sebelumnya sudah ada anvir ansav tapi kebetulan tidak auto detect dan virus sality bisa masuk. Setelah itu saya instal ulang dengan melakukan download virus ansav versi terbaru. Namun setelah saya instal ulang anvir ansav tersebut malah anvir ansav muncul terus menerus dan sebelumnya saya scan semua drive tetap masih ada kandungan virusnya termasuk drive c. Bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut dan tolong disampaikan ke owner ansav.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

AA :Kalo ada F1 muncul di layar kamu pada saat booting komputer kemungkinan besar ada kesalahan pada bios kamu , hal kecil seperti tanggal bios yang tidak sesuai dengan hari ini saja kadang bisa mengakibatkan munculnya F1, coba teliti kembali dan kalo memang belum mnegerti tulis dan kirimkan ke saya tulisan yang muncul di saat booting awal, apakah cmos battery wrong setting atau fan prosesor error atau booting failure, bisa jadi battery cmos kamu udah lemah sehingga pengaturan tanggalnya suka ngaco, coba ganti jika perlu.Salam

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Pranoto : Coba ganti antivirus kamu dengan AVG 8.5 , trus download removernya di avg juga di http://www.avg.com/virus-removal.ndi-67769 jalankan filenya agar semua file sality musnah dari komputermu.Saran saya untuk antivirus lokal ganti saja dengan smadav 6.2 dapat di download di www.smadav.net

Anonim mengatakan...

hallo pak saya fadly
saya punya masalah pada layar LCD laptop acer knp kwok layarnya redup padahal sebelumnya tidak apa apa...??
apa pemakaian laptop seharian penuh bisa berpengaruh??
apa layar LCD pake batas waktu??

terus cara memper baikinya gmn??
mohon bantuannya ya pak??

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Fadly: Coba kamu test dengan menggunakan external monitor hasilnya bagaimana?jika hasilnya terang dan bagus berarti masalah laptop kamu ada di LCDnya, atau Jika hasilnya jelek masalahnya ada di VGA yang ada di mainboard.

Ada semacam alat yang bernama INVERTER yang terletak di dalam LCD laptop yang berfungsi membuat terang cahaya LCD, kemungkinan besar alat ini rusak, untuk menganalisanya harus di ganti yang serupa sehingga bisa disimpulkan apakah rusak atau tidak.Jika dengan ini masih belum benr maka LCD kamu memang harus diganti.Siapakan dana kurang lebih 2juta.LCD memang ada batasan waktunya jika pemakaian seharian saran saya gunakan monitor external dan matikan tampilan di layar LCD laptop, karene faktur temperatur lcd terlalu panas juga berpengaruh dengan keawetan LCD.Salam

Anonim mengatakan...

zain,
Salam, pak mo nanyak, ketika saya mo buka video tiba2 laptop saya ngerestat sendiri, tapi kalo MP3 bisa. kira2 sebabnya apa ya pak, mohon bantuannya!

codhot75@gmail.com mengatakan...

Bang ni ati laptop saya klo di hidupkan ada perintah prees F1, tolong bantu lah bang. email saya ni bang. voe_nie@yahoo.com

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@ZAIN : ada 2 kemungkinan, yang pertama ada masalah pada VGA di mainboard laptop kamu bermaslah. Yang kedua ada crash Program yang ada kaitannya dengan software player yang digunakan pada komputer kamu.Sayangnya penjelasan kamu kurang lengkap, file film apa yang kamu buka dan menggunakan software apa yang kamu gunakan? Saran saya coba kamu install program K-Lite Codec bisa di download disini http://www.filehippo.com/search?q=k-lite semoga ini membantu masalah kamu.Salam

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@ati : lain kali jangan pakai email saya untuk kirim komentar ya....Masalah yang kamu hadapi sepertinya ada di batery cmosnya karena sudah tidak bisa menyimpan pengaturan tanggal dan jam di komputer maka setiap kali menyalakan komputer akan keluar perintah F1 Untuk melakukan configurasi ulang tanggal dan waktunyanya.Jika ingin jawaban yang lebih spesifik kamu sertakan tulisan apa yang keluar di bawah tulisan F1 tersebut.Salam

beurit_tb37 mengatakan...

slm kenal, mo nanya ne pa.. pc saya waktu d colokin power langsung nyala padahal belum d pencet,kipas dan dvd nyala tapi pc ngga mau ngangkat/booting knp ya?udah dicoba copot vga,dvd rom..kira2 knp ya? tolong d jawab ke email saya, hariz_beurit@yahoo.co.id
trma kasih

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@beurit : Ada beberapa masalah disini yang bisa terjadi :1. Mainboard kamu yang rusak bisa jadi IC switch ATXnya yang kongslet, sehingga posisinya selalu on.Yang benar adalah on lalu nyala, on lagi lalu mati. 2. Bisa jadi swith di casing kamu yang kongslet ( tidak kembali ke posisi semula, caranya coba kamu copot kabel swith yang dari casing ke mainboard lalu nyalakan dengan cara menshotkan dengan obeng, jika bisa nyala dan normal kamu harus mengganti switch tersebut.3. Powersupply kamu sudah rusak / lemah saran saya coba kamu ganti yang baru atau pinjam dulu di komputer yang lain untuk mengetesnya. Salam

purwa mengatakan...

mas mau nanya nih.. saya pake cq40 bru 2 bulanan, tapi tadi pas saya nyalain, di bagian bawah LCD muncul garis horisontal putih tipis serambut? kenap dengan LCD saya?
Terima kasih sebelumnya mas.

Anonim mengatakan...

pa' ini zain mo nanya' lagi, masalah laptop yang ngerestat sendiri ketika mo nyalain video. k-lite codec memang udah terinstal, bahkam ada spoftware lain yang juga udah terinstal seperti windows media player dan gom. namun video tetap tidak bisa dan laptop langsung ngerestat. adapun type dari video itu adalah AVI media format, MPEG media format (biasanya yang dua ini bisa dibuka di winamp) dan GOM media. anehnya kalo lagi ngenet dan buka program you tube, video bisa di play. kira2 apa penyebabnya dan solusinya apa pak. mohon bantuannya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Purwa : Sorry ya baru dijawab, masalah kamu sepertinya banyak yang mengalaminya.Untuk mengetes apakah masalah pada LCD kamu atau VGA kamu, kamu harus menggunakan external monitor yang kamu hubungkan ke laptop.Jika garis tersebut tetap ada berarti maslah kamu ada di VGAnya namun jika tidak muncul di monitor masalah kamu ada di LCD laptop kamu.Mumpung masih 2 bulan klaim saja ke service centernya, biar diganti baru.Takutnya semakin melebar nantinya.Salam

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

ZAIN : Maslah kamu sepertinya masih tetap pada CRASH Program, coba kamu uninstal semua software playernya, lalu bersihkan komputer dengan ccleaner, lalu intall lagi program2nya dari awal.Jika memang tidak bisa saran saya repair windowsnya jika perlu di format.Jika sudah kamu format masalah kamu masih sama itu tandanya ada yang nggak beres di hardware kamu. Kalo menurut analisa saya kamu buka Youtube bisa ngejalani vidio itu karena kamu running dengan Program Internet ( mozila, IE ) jadi kemungkinan besar masalah tetap masih dari program player kamu.Salam

Muh. Jamaludin Malik mengatakan...

bos, aku aku share folder (open for edit)di jaringan LAN kantor, ternyata semua file office ku (.xls dan .doc) kena virus seperti ini:
MAIL FROM: imissyou@btamail.net.cn
RCPT TO: %s
DATA
FROM: %s@yahoo.com
TO: %s
SUBJECT: %s is comming!
MIME-Version: 1.0
Content-type: multipart/mixed; boundary="#BOUNDARY#"
Jadi semua datanya ilang dan berubah jadi satu sheet (di excel) dengan nama file itu sendiri dan font-nya gak dikenali. dicari di hidden sheet juga gak ada.
Apakah BSC bisa recovery data office ini bos? biayanya mahal gak?
contact me al.j4m4l@gmail.com via gtalk aje bos.. thanks.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@.Muh : Data kamu kena virus trojan tuh, musti hati2 membersihkannya salah-salah data hilang semua.Yang jadi masalah bukan share foldernya tadi sepertinya anti virus komputer kamu nggak mantab nih, kalo kamu tinggal di jakarta bisa menghubungi saya di 02168819807, jika memang perlu dilakukan visit ketempat kamu.Untuk biaya relatif tergantung jenis kerusakannya yang pasti nggak mahal.Salam Oh ya satu lagi nama usahaku BCS bukan BSC..dan bukan BCL ha...ha..ha..

Anonim mengatakan...

saya punya HP Compaq 6530s OS XP sp2 beli 2nd konsisi baru 3 bln pakai....tapi ada masalah:

1. tidak bisa CTRL+ALT+DEL ( Taks manager has been disable by your administrator ) padahal saya adminnya...kenapa ya...?
2. tidak bisa instal ulang windows XP ( blue screen )...kenapa ya...?
3. Penambahan regisrty (Crack...maaf) tidak bisa...kasusnya sama dengan No. 1 diatas...kenapa ya...?
4. untuk pilih Graphic Properties selalu error padahal sudah Instal ulang drivernya...Kenapa ya...?


bingung....jalannya sich saya instal ulang windows tapi tetap tidak bisa....tolong banget ya mas....karena ni pertama kalinya aku pakai notebook (lagi ngetren).....biasanya sich Dekstop terus....Terimakasih ya sebelumnya....

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Yang pasti komputer kamu terkena virus, jika memang diperbaiki susah lebih baik di format saja, jika ada cd recoverynya lebih baik menggunakan itu, apabila pada saat install keluar blue screen kemungkinan besar ram/memory di laptop kamu tidak bagus ( mungkin kamu pernah menambahnya )coba lepas dan gunakan yang baik.Jika tidak ingin kamu format scan saja dengan SMADAV yang terbaru karena antivirus ini mampu memperbaiki registry yang rusak.Salam

Anonim mengatakan...

Permisi Mas, saya mau minta tolong, saya pake motherboard matsonic MS9158D, vga card n sound card on board, nah... CD driver mobo saya itu hilang, so, saya cari di internet driver'y, tetep I can't found it...

Kira2 pake software apa ya biar kita bisa tau spec2 hardware yang ada di mainboard? tapi kan ada beberapa software yang abis scan mobo, dia langsung minta online buat download, nah, kompie saya ga online mas... kira2 software apa ni yg enak? bisa minta link download nya? ato klo mas punya master softwarenya tolong kirimkan ke afro_dady2@yahoo.co.id

Thanx before mas...
best regard...

Hanif

Anonim mengatakan...

om kenapa komputer saya waktu di hidupkan kok gag muncul sih desktop nya??

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Gunakan saja program everst dapat di download disini http://www.lavalys.com/products.php?lang=en&page=11 semoga berhasil

qodry mengatakan...

pak aguss,,,, sy mau tanya laptop saya merk axioo, permasalhannya setelah saya hidupkan normal seperti biasa, kemudian tiba -tiba bunyi '' TIT..TIT...TIT..dan laptop langsung mati, apa masalahnya ya.. mksh..

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Anonim : kemungkinan besar komputer kamu kena virus lokal, coba masuk ke safe mode lalu bersihkan dng anti virus SMADAV dapat di download di www.smadav.net

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Qodry :Stelah berapa menit keluar bunyi tersebut??? Sepertinya permaslahan kamu ada di kipas pendinginnya, mungkin mati sehingga prosesor overheting dan mati.Jika beberapa saat bisa dinyalakan lagi kemungkinan besar memang kipas prosesornya ada gangguan.Namun tidak menutup kemungkinan ada komponen mainboarnya yang rusak.

Gian mengatakan...

Mas, Gimana kabarnya?
komputerku punya masalah nih.......
Kemarin kan komputerku kena virus, kemudian udah aku delete pakai Avira. Tetapi ketika Flashdisk dicolokkan muncul drivenya (G:), Seharusnya kn drive (F:). Komputerku dibagi dua partisi yaitu (C:) dan (D:). Jadi gimana cara mengembalikannya agar jika flashdisk dicolokkan muncul drive (F:) lagi??????

Salam


Gian

Anonim mengatakan...

pak kalo cara mengatasi power supply ngedrop/gak tahan ngangkat hardware tu dekstop gmn?padahal dulunya bisa!Skalian Cara Ngrubah supaya menjadi PURE POWER gmn?Trus Cara menghitung tegangan power supply gmn?apakah ada alat lain?selain pake power tester?karna kalo saya pake power tester kurang akurat!mator nuwon salam kenal

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Gian : Caranya masuk ke control panel>administrative tools>Computer Manajement>Disk Manajement> Klik kanan removable disk kamu pilih Change Drive Letter and Paths lalu klik change pilih drive sesuka kamu yang ada di list pilihan.Jika ingin F arahkan saja ke F lalu ok.Semoga berhasil.Kabar saya semakin baik.Tks sudah bertanya

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@anonim : Kamu Ganti saja ELConya yang besar-besar itu karena bisa jadi sudah kering dan tidak mampu menyimpan arus lagi.Pure Power, asalkan komponen yang ada di power supply bagus-bagus udah pasti hasilnya pure power, tidak akan naik turun.Wah kalo mau pake yang canggih ya harus pake Osiloscope tapi kan harganya mahal. Salam kenal juga.

pakupatan mengatakan...

wackyboy

om klo masalah lcd compaq cq40 kedip-kedip atau flicker itu memang lcdnya yg produk cacat

mesincetakgallery.wordpress.com/2010/01/28/waspada-laptop-hp-compaq-baru-2-minggu-sudah-rusak/

ok om, salam kenal nih
sekedar menambahkan informasi aja, he

chris mengatakan...

pak bagaimana mengatasi icon wifi yang nggak nampak di layar laptop

trims

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Pakupatan : Iya betul sekali banyak type itu yang mengeluh hal yang sama, sepertinya pihak compaq musti menggantinya, tapi bisa rugi banyak jika seperti itu.Tapi selama masih garansi di klaim saja.
@Chris :Windows Xp : Klik kanan pada my network place-properties-akan muncul conection Lan dan wifilan, klik kanan yang wifi-properties- dibagian bawah akan muncul pilihan show icon in notification area when conected, nah dibagian ini kamu beri cheklis ( centang ) lalu apply dan ok.Maka icon wifilan kamu akan muncul.Selamat mencoba.

sari mengatakan...

saya mau tanya pak, windows vista dan windows 7 lalu yang saya tanyakan adalah :
1. diantara kedua windows ini yang terbaik yang mana?
2. saya punya applikasi contohnya mozilla, avira, opera, dll. tetapi semua applikasi itu ada di windows vista, otomatis jika saya menggunakan windows 7 tidak akan bisa terbuka. Bagaimana caranya?

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Sari : Windows 7 Adalah Penyempurnaan dari Windows Vista, jadi lebih baik windows 7 daripada windows Vista.
Asalkan kamu punya master installernya kamu tetap masih bisa menginstalnya di windows 7 atau kamu bisa ngedownload programnya lagi.

sherly mengatakan...

siang mas agus...laptop sy acer 4736,,BIOS InsydeH20,,permasalahanya sy lupa password bios trsbt,,yaaa jd laptop sy tdk bs digunakan,,,
tolong mas,,apakah ada password reset untuk bios nya..ato ada cara lain,,terima ksh byk mas agus

agus mengatakan...

Bu Sherly mungkin anda bisa mengikuti link sbb : http://www.tukangdandan.com/cara-menghapus-password-bios-pada-notebook-acer.html
Tetapi kalo passwordnya ada di awal tampilan ibu harus membongkar laptopnya dan melepas battery cmosnya, agar password yang tersimpan hilang dan kembali ke settingan awal.

sherly mengatakan...

iy mas agus...pasword ada pada tampilan awal..
duuhh gmn yah cara nya buka batre cmos ituh,,ada panduan ga mas sekalian gambarnya,,,terima kasih byk mas agus^_^

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@ Sherly :bu sebaiknya ke tukang service saja daripada bisa bongkar nggak bisa pasang, ato coba tep ke service center acer minta petunjuk apakah ada cara lain.Jika ibu ada disekitar JABODETABEK bisa mampir ke toko saya di Jl.Pramuka Jati 23 Paseban Jakarta pusat.Jika kasus ini terjadi di PC sih enak saja tingga clear CMOS beres, kalo laptop memang agak ribet.Coba meditasi dulu siapa tau inget passwordnya he.he...he...

Anonim mengatakan...

Pak Agus saya minta tolong tanya : Komputer saya Pentium IV saya install o/s baru dan sekaligus upgrade dari CD writer ke DVD Writer baru. Proses install berjalan lancar menggunakan DVD Writer, tetapi jika saya masukkan CD di DVD writer komputer membaca sebentar dan kemudian langsung hang.
Sempat tanya ke teman katanya power supplynya perlu ganti krn sudah lemah, saya coba ganti baru tetapi masih tetap problemnya. Saya coba install o/s baru tetapi problemnya masih tetap sama.tks bantuannya

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Pertanyaan bapak sebenarnya kurang detai menurut saya, jadi masih agak bingung menangkapnya.Oke saya akan coba menjawabnya : Pertama-tama apakah jika tidak memasukan CD komputer dipakai lancar? dan hang jika membaca cd? DVDRWnya baru tidak?
Jika memang seperti itu dan dvdrwnya baru, bearti ada permasalahan pada DVDRW bapak, saran saya coba ganti dengan yang lain dulu apakah sperti itu tidak. DVDRW memiliki dua mata optic yang satu untuk membaca DVD dan yang satu lagi untuk membaca CD, nah terkadang ada salah satu mata optic yang bermasalah. Jika diganti dengan dvd yang lain ok selesai masalahnya dan jika tidak ok ada masalah yang lain yang perlu di teliti ulang.Coba diperhatikan apakah fan prosesor kotor, atau memorynya kaki-kakinya kotor, coba bersihkan siapa tahu masalahnya ada disekitar itu.

cv kurnia mengatakan...

bos laptop saya kok biosnya blank tidak ada tampilan sama sekali,sebelumnya setelah di instal ulang dan driver ga nemu yang suport, trus di flash bios kok gagal hasilnya blank, mohon pencerahan

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Permasalahan kamu adalah karena salah menggunakan software flash biosnya, akibatnya program yang terinstal di rom bios terhapus dan mainboard tidak bisa menampilkan sofware apapun karena kosong. Salah satu cara di bawa ke service center terdekat dan minta dicopykan kembali software biosnya dan minta diupdate sekalian dengan versi terbaru.

arief mengatakan...

bos aku mo nanya mainboard ASUS P4C800-E ga bisa masuk ke bios, processor 3Ghz hidup, memory vgen pc 3200 hidup, vga geforce fx5200 128mb hidup, psa juga nyala, monitor juga ok (sudah dites dimainboard lain),gara-gara update bios tau2 mati.num lock juga ga nyala mohon bantuannya

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Arief : Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
Solusi : Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

Kchip mengatakan...

wah menarik, q jg mw sharing... q pake mobo matsonic... disitu terdapat socket ide ata dan sata... pas dicoba install xp hdd yg ter deteksi cm ata yang sata tisak... q pake 2 hardisk ata dan sata.... p mgkn ada booting tambahan thx before my email kchip@rock.com

eko a mengatakan...

bos komptr pc saya gk bisa hidup gara2 petir ,,,mhn di jlskn apa'y yg rusak???? kipas prosecorpn tdk bs nyala???

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Kchip : Pengaturan penggunaan hardisk sata pada mainboard versi lama ada dua cara : 1. Kita musti menginstall driver SATA DRIVE coba dicari lagi di cd drivernya ada tidak, jika belum bisa di download kembali di websitenya. 2. Dengan cara melakukan pengaturan setingan bios pada bagian settingan hardisk, biasanya hardisk ada 4 untuk IDE dan ada setinggan dibawahnya lagi yang bisa diaktifkan jika akan menggunakan hardisk sata posisinya bisa di ENABLE atau ikuti setingan yang ada dan dicoba-coba saja hingga tepat.

Semoga berhasil

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Eko :Dampak dari petir itu bisa dibedakan dari mana sumber datangnya petir itu, dari kabel telepon/ internet ato dari kabel listrik. Untuk mengetahuinya biasanya dari kerusakannya, jika rusak dari kabel telpon tao internet biasanya yang rusak lan cardnya, modemnya dan kemungkinan besar mainboarnya juga bisa. Namun jika petir datangnya dari kabel listrik kerusakan yang terjadi biasanya di Powersupply, hardisk, mainboard, prosesor, memory kenapa demikian kateba tidak ada bagian yang tidak terhubung dengan powersupply ( sumber listrik ) jadi jika terkena petir yang besar hampir semua komponen akan rusak.Saran saya hubungkan satu kabel ato kawat disalah satu sekerup di casing dan ikatkan/pakukan ke dalam tembok atau lantai rumah sehingga jika terjadi hantaman petir tidak bedampak parah dan arus listrik petir dapat terbuang ke tembok, karena pada prinsipnya petir akan terhenti jika arus listriknya sudah menyentuh ke tanah ( ground ), baca artikel saya mengenai petir di http://brahmacomputerservices.blogspot.com/search/label/petir

Adreanna mengatakan...

pak, kalo ram emang kepegang oleh tangan ic-nya bisa rusak?

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Tergantung tangan kita dalam kondisi bagaimana, Jika tangan kita dalam kondisi basah dengan keringat kemungkinan besar semua komponen electronic dapat rusak karena keringat mengandung garam yang mengakibatkan korosi pada benda2 yang bersifat logam. Jika pada kaki ram karena terbuat dari kuningan maka dia tidak akan berkarat namun menjadi kotor dan koneksinya menjadi jelek.

Anonim mengatakan...

pak tlg bntu saya ,kemarin setelah saya update bios pada laptop acer aspire 4736 tiba2 gak bsa masuk ke sistem os,tapi bisa masuk ke biosnya,,,run pake safe mode gak bsa,tlg bantu pak salam

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Coba di cek ulang Konfigurasi hardisknya sudah dikenal dengan baik ato belum, kalo perlu kamu cek running dengan cd distro ( boot from cd ) apakah bisa jalan dengan baik ato tidak. Ada kemungkinan ada perubahan konfigurasi di bios yang berkaitan dengan settingan harddrive sehingga tidak dikenali dengan baik.Ada baiknya kamu lampirkan tulisan apa yang muncul saat tidak mau masuk ke windows.Salam

Anonim mengatakan...

halo mas mau tanya..kenapa ya usb panel belakang waktu dicolokon usb fd atau usb extender atau colokan usb apapun (mouse, joystik) kok HANG, tapi kalo pakai usb hub (punyaku 4 cabang) kok ndak ada masalah, padahal driver sudah terinstal semua dan biosnya juga enable usb 1.1 dan 2.0.....kenapa ya?....terima kasih bantuannya......

norman adji mengatakan...

mas mau tanya nih, icon partisi D pada laptop saya berubah, tidak seperti tampilan icon partisi D, kenapa ya? maksh sblmnya atas perhatiannya. tks

Anonim mengatakan...

saya mau tanyak kang jika lapto jenis Hp tidak bisa booting restart dan jika menghidupkan selalu ada tulisan
BIOS does not support the current stepping for processor7a
BIOS does not support the current stepping for processor7a
bagaimana mengatsinya?

alex mengatakan...

salam..
pak, kurang dari seminggu ini, tiba2 tampilan LCD laptop saya (Compaq cq40-116tu) bermasalah.
timbul garis2 tipis berwarna putih banyak sekali..
kadang malah ngeblok sampe setengah LCD. tapi anehnya, itu tidak permanent. munculnya hanya ketika : 1. karena laptop terguncang saja (tersenggol), 2. karena menekan tombol keyboard dengan keras, 3. mengatur flip LCD (apakah mau di tegakkan ato condong kedalam/luar.
dan garis2 itu bisa hilang dengan melakukan hal2 sebaliknya dari penyebab2 di atas.
apakah sebenernya yang terjadi?
apakah solusinya?
berapakah biayanya?

terima kasih atas perhatian dan jawabannya..

salam

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@annonim :Itu tandanya usb port kamu udah lemah, permasalahannya ada di powersupply kamu yang lemah, jika pake hub karena ada penguat arus yang disupply ke usb.
@ Norman Adji :Biasanya ada file autorun.inf nya coba buka hidden filenya pasti ada file yang ngumpet, delete saja nanti akan normal.
@Anonim : Itu tandanya prosesor kamu tidak cocok dengan mainboard kamu, ato ada settingan bios yang berubah jadi tidak support.Coba di setting auto saja setingan prosesornya.
@ Alex : Sudah banyak yang menannyakan hal sama dengan kamu, masalhanya pada LCD laptop kamu ada cacat produk massal sepertinya, Jika masih garansi segera ditukarkan saja. Biaya kurang lebih 2 jutaan.

Gian mengatakan...

Salam...

Pak, laptopku Acer Wifinya mati,padahal sudah saya tekan tombol untuk menyalakannya. Lampu indikator wifinya juga tidak nyala. Saya coba masuk Control Panel>network and internet connections>network connections dan disitu icon wireless network connectionsnya tidak ada,sebelumnya sih ada.Apa kerusakannya? dan Bagaimana cara memperbaikinya???

Thanks,

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Coba kamu cek di device manager lan wifinya dikenal tidak, jika tidak kamu musti intal drivernya dulu.

jabon mengatakan...

kalo yg bagus buat main game apa ya?

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

wah pertanyaannya singkat namun kurang jelas, apa yang ditanyakan? VGA, ato apa nih?

rey mengatakan...

salam...
mas mau nanya ne masalah Setting Microsoft Outlook. gimana caranya aya mas...?
soal nya kemaris saya coba tes gak mau Online.

Status nya Offline

blas ke E-mail crew.igs@gmail.com

rey mengatakan...

siang mas ne ada PC tampilan nya gak mau nampil di monitor.
memorinya udah saya bersihin jg gak mau tlng bantuan nya mas

ipung mengatakan...

halo mas' nih notebook gw pernah jatuh,..apakah langkah yang harus kita lakukan

tentangcinta mengatakan...

pak agus, saya mau bertanya
saya punya compaq c500 , pada saat belum masuk bios atau bisa dikatakan baru muncul tampilan compaq laptop saya sudah hang
itu karena ap pak> disebabkan oleh apa?
terima kasih

Anonim mengatakan...

mas mau nanya, bgm caranya klo kita mau presentasi pake infocus pd laptop acer o/s windows 7, masalahnya koq nga mau tampil sih? apa perlu install driver dulu, gitu? trus drivernya dapat dr mana?terimakasih

Anonim mengatakan...

Salam kenal mas, nama sy Indra.

saya pny mslh serius sm data2 d hardisk saya (Drive C:). kejadian ny ud lama sekali, awal mula ny sy mencoba install DeepFreeze (versi ny sy g tau). nah pd saat d double klik deepfreeze.exe ny kmpter sy lgsng restart n blue screen'
sy tdk memilih utk d format/repair krn sy ingin menyelamatkan data2 penting d partisi C:\my document\ sy.

kejadian ny ud setahun lbh, smpai skrg sy msh simpan hardisk tsb utk d selamatkan data2 nya.

yg jd persoalan yaitu : ketika sy mencoba dobel hardisk sy d kmpter lain, my document d partisi C: hardisk sy ke baca semua, tp ketika mau d copy muncul "Cannot copy .. bla.. bla.. bla.. Make sure the drive is not full or write-protected". tp klo sy copy yg d partisi D: hardisk sy g ad mslh, smpai skrg klo sy copy data D: d hardisk sy semua data bs d copy dgn lancar.
sy sdh mencoba hampir semua recovery tools yg ad, hsilny hny bs me-recover data2 Drive D: saja.
sekedar info, merk hardisk sy Quantum Fireball 3.5" series.

sy mohon dgn sangat bantuan ny mas, krn MAINBOARD bawaan ny yg dl ud rusak/tdk ada.

Terima Kasih

Agustinus mengatakan...

@ Indra :
Masalah pada hardisk kamu kebetulan memang partisinya yang C terkunci, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh agar hardisk tersebut dapat di recovery dengan baik.
1. Gunakan Recovery yang memang bagus dan mempunyai performa kerja yang bagus dan bisa membaca/merecovery RAW, karena jika menggunakan yang ini kemungkinan besar data dapat diangkat dng baik. Contohnya : http://www.ontrackdatarecovery.com/data-recovery-downloads/ hanya memang harganya mahal dan saya memang menggunakan ini sebagai bagian dari pekerjaan saya.Kalo kamu bisa dapetin cracknya itu lebih baik.

2. Kamu memang harus format dulu hardisknya namun pake yang quick format, sehingga data2 yang lama masih akan bisa dibaca dng baik, jika direcovery dng program recovery yang bisa menarik data yang sudah terformat.Sebab ada beberapa program yang mengunci drive c kamu sehingga dengan di format akan merelease hardisk dari ikatn program2 tersebut.Namun opsi yang satu ini kamu jangan lakukan jika memang tidak yakin.

3. Bawa ke Tukang Recovery data yang tentu harganya pasti akan mahal, tinggal seberapa pentingkah data yang ada di hardisk kamu itu, kalo lebih penting data uang seberapapun pasti tidak bisa menggantikannya kan? Jika kamu tinggal di Jabodetabek mungkin aku bisa bantu kamu tentunya tidak akan mahal.

Demikian informasi dari saya semoga bermanfaat dan data kamu dpt selamat.

Anonim mengatakan...

pak mau tanya,
saya instal windows 7 ke acer 4732z,tapi ditengah jalan wktu instal baterai habis dan laptoppun mati.kemudian saya langsung charge serta instal lagi sampai finish.tapi setelah saya lihat ternyata baterai tidak terdeteksi.charge yang sudah saya lakukan pun tidak masuk.sehingga laptop hanya bisa nyala jika kondisi charger terpasang walo baterei terpasang.mohon pencerahannya,terima kasih

Poskan Komentar

PT.BRAHMA COMPUTER SERVICES | by - haryantoblog- 2008