HOME COMPANNY PROFILE CUSTOMERS PRODUCT JASA SALES KONSULTASI GRATIS
  Kontrak Services
Services komputer murah,bisa diandalkan dan terpercaya Selalu siap melayani Anda"  
product,hang,PC   Hang PC
Masalah windows, hardware rusak, monitor backup data,kena virus, printer,istall program"  
    Mr. Clean
Komputer kotor dan berdebu, Kinerja komputer menurun. Serahkan kepada BCS"  
jual,beli,baru,second   Sales
Jual-beli segala jenis komputer, Pc,laptop, Second, lama,rakitan atau branded, sparepart"  

Minggu, 30 November 2008

Kiat - kiat Memilih Anti Virus Yang Baik

Saya sering sekali mendapat pertanyaan dari beberapa customer saya berkenaan dengan Anti Virus mana yang baik. Pertanyaan macam ini muncul karena mereka sudah merasa capai bergonta - ganti Anti Virus namun tetap saja kena Virus lagi. Sebelum saya menjawabnya akan saya jelaskan sedikit mengapa komputer mudah terserang virus padahal kita sudah selalu mengupdatenya.

Beberapa Jalan yang digunakan oleh Virus masuk ke komputer
1. Disket / Flashdisk / External Disk sangat berperan dalam penyebaran Virus ke komputer, karena segala bentuk penyimpanan data yang bersifat REMOVABLE ( bisa di isi dan dihapus ) akan mudah terkena virus jika kita hubungkan dengan komputer yang terinfeksi virus, karena sifat virus pada umumnya akan menggandakan dirinya dengan cara mengcopykan file virus secara otomatis kedalam peralatan tersebut diatas. Banyak hal yang akan dirubah apabila flashdisk terkena virus antara lain:

  • Akan ada penambahan file Autorun.inf dan file berextension *.exe ( mis : service.exe ) dan file inilah yang akan menyebarkan ke komputer yang akan kita gunakan selanjutnya secara otomatis. Misalanya kita ke warnet mengcopy file dengan flashdisk lalu kita gunakan flashdisk itu di komputer rumah, apabila flashdisk tersebut terkena virus maka komputer di rumah akan ikut tertular, kemudian teman anda pinjam komputer anda lalu copy pakai flashdisk, buka di rumahnya kena virus juga komputernya demikian seterusnya. Pesan saya hati-hatilah dengan flashdisk anda.Kiat - kiat flashdisk tidak terserang virus dapat dibaca disini.
  • Merubah semua folder yang ada menjadi Aplication.Misalnya Folder Lagu di rubah menjadi Lagu.exe dan semua folder mempunyai ukuran/size yang sama jika 54 kb semua folder akan berukuran sama. Ini adalah bentuk penyamaran yang dilakukan virus dalam rangka penyebaran virus ke komputer, apabila kita buka folder tersebut di komputer yang lain maka virus akan bekerja. Dimanakah file / folder asli kita? Jawabannya MASIH ADA di flashdisk kita, hanya di sembunyikan oleh Virus dengan cara merubah attributnya menjadi HIDDEN, makanya jangan buru-buru memformat Flashdisk anda dan jangan panik jika setelah di scan dengan antivirus data-datanya lenyap. Caranya bagaimana agar folder dan file kita muncul kembali? 1. Klik Run ketik cmd > ketik attrib -s -h /s /d f:\*.* lalu enter, pada huruf F bisa diganti ganti tergantung posisi flasdisk kita ada di drive apa ( mis : E, G , I ) Tunggu hingga masuk kembali ke posisi semula sebelum kita ketik. Cek apakah sudah muncul semua atau belum. 2. Dengan antivirus lokal seperti SMADAV, ANSAV dll maka file / folder yang tersembunyi dapat muncul kembali secara otomatis.
  • Merubah File lagu *.MP3 menjadi exe , Merubah file *.doc menjadi *.exe, merubah file Exel menjadi *.bmp dan masih banyak lagi.
2. CD – DVD hasil bakaran dari computer yang mengandung virus karena file virus akan ikut serta tercopy didalamya. Juga cd-cd program yang menyertakan file-file keygen yang palsu alias virus.
3. Email lebih khusus pada attachment yang secara otomatis dkirimkan oleh virus dengan cara meminjam alamat-alamat email yang ada di address book kita, jika kita klik attachmentnya maka virus akan masuk secara otomatis.
4. Browsing Internet : jika kita tidak hati-hati membuka website bisa jadi computer kita terkena Spyware, sehingga computer menjadi sangat lambat khusunya jika membuka Internet.


Setelah mengetahui jalan masuk virus ke computer ada baiknya juga kita mencegah agar virus tidak masuk dengan mudah ke computer kita caranya yaitu menginstall antivirus yang terupdate dan mematikan beberapa perintah autoplay pada computer kita.Baca DISINI.

Bagaimana Cara Memilih Anti Virus Yang BAIK ?

1. Pilihlah antivirus yang sesuai dengan Spesifikasi computer anda, jangan sampai setelah antivirus terinstal computer menjadi lambat karena tidak seimbang antara hardware dan softwarenya.
2. Carilah antivirus yang menyediakan layanan update yang paling cepat dan realtime. Maksudnya jika ada virus baru kita bisa segera mendapat proteksinya sebelum virus mampir ke computer kita. Mis AVG 8.0 yang melakukan update setiap 4 jam.
3. Carilah antivirus yang mempunyai GUARD / perlindungan secara otomatis jika ada serangan virus dari luar dan bisa menghapus secara otomatis sebelum masuk ke system.
4. Carilah antivirus yang sudah memiliki Fasilitas yang banyak seperti Anti Virus, Web Shield, Guard, Antispyware, anti spam, anti rootkit, Email Scanner yang sudah menjadi satu sehingga kita tidak repot – repot menginstall anti-anti yang lain ke dalam system kita, karena akan menambah lambat computer.
5. Perhatikan apabila kita sudah memilih dan menginstall antivirus namun computer jadi lebih lambat itu tandanya bahwa hardware kita tidak sebanding dengan software tersebut.Saran saya uninstall dan cari yang sesuai. Apabila ingin mempercepat computer bisa dibaca DISINI
6. Sesuaikan fasilitas yang ada di program Anti Virus dengan computer kita.Misalnya jika computer kita tidak terhubung dengan internet / jaringan kita bisa mematikan fasilitas seperti Firewall, email scanner, anti spam.
Demikian sedikit informasi dari saya , jika masih bingung juga silahkan bertanya di kolom KONSULTASI GRATIS, maka saya akan menjawab setiap pertanyaan anda. Jika ingin mudah silahkan menghubungi kami atau menggunakan JASA MAINTENANCE dari kami.Salam

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Tips seperti ini Pak yang saya cari, habis masih bingungn nih cara memilih anti virus yang baik. Terima kasih

Anonim mengatakan...

ok pak

Posting Komentar

PT.BRAHMA COMPUTER SERVICES | by - haryantoblog- 2008