HOME COMPANNY PROFILE CUSTOMERS PRODUCT JASA SALES KONSULTASI GRATIS
  Kontrak Services
Services komputer murah,bisa diandalkan dan terpercaya Selalu siap melayani Anda"  
product,hang,PC   Hang PC
Masalah windows, hardware rusak, monitor backup data,kena virus, printer,istall program"  
    Mr. Clean
Komputer kotor dan berdebu, Kinerja komputer menurun. Serahkan kepada BCS"  
jual,beli,baru,second   Sales
Jual-beli segala jenis komputer, Pc,laptop, Second, lama,rakitan atau branded, sparepart"  

Kamis, 18 Desember 2008

Penanganan Masalah Pada Printer HP

Bagi pengguna printer HP mungkin sering menemukan permasalahan - permasalahan sebagai berikut :

  1. Printer kedip-kedip
  2. Printer pada titik tertentu hasilnya numpuk/lobang.
  3. Tinta tidak keluar padahal isi tinta masih banyak.
  4. Kertas tidak bisa ketarik.
  5. Kertas tidak bisa keluar pada saat sampai di akhir kertas
  6. Printer mati total
Cara penanganan dan solusinya sbb :
  1. Printer kedip-kedip : kemungkinan besar rusaknya pada catridgenya/tintanya atau kotor pada koneksinya. Solusinya : Coba lepas satu persatu catridgenya mungkin dari tinta black dulu lalu lihat apakah masih kedip-kedip tdk, jika tidak berarti tinta yang black yang rusak. Namun jika masih kedip-kedip pasang kembali yang black lalu keluarkan yang colour, jika tidak kedip-kedip berarti tinta yang colour yang rusak. Terkadang tinta/catridge yang bermasalah tadi belum rusak mungkin hanya kotor, coba bersihkan dengan tissue basah pada bagian depan yang berwarna kuningan dan pada bagian dalam tempat catridge dipasang ada juga bagian yang berwarna kuningan, setelah semua bersih dan dikeringkan pasang kembali, lalu test apakah sudah bisa atau belum. INGAT CABUT KABEL POWER PADA SAAT MEMBERSIHKAN BAGIAN DALAM. Jika masih belum bisa berarti catridge memang rusak.
  2. Printer pada titik tertentu hasilnya numpuk/lobang : Pada kasus ini coba perhatikan di kedalam printer di bagian belakang catridge ada sebuah plastik panjang melintang dari kanan-kekiri. Perhatikan hasil print yang bermasalah tadi pastikan titik bermasalah tadi kira2 posisinya ada di sebelah mana, lalu bersihkan dengan tissue basah pada bagian plastik ( ENDCODER ). Jika perlu bersihkan dari ujung ke ujung biar hasilnya lebih baik.Silahkan coba lagi apakah masih bermasalah tidak. Kenapa demikian? karena endcoder sebuah alat pengcodean yang dibaca oleh sensor printer untuk mengetahui posisi-posisi catridge pada saat mengeprint dan parkir setelah mengeprint.Jika ada kotoran yang menempel pembacaan datanya akan terganggu.
  3. Tinta tidak keluar padahal isi tinta masih banyak : Ini sering terjadi jika printer lama tidak digunakan atau tintanya diisi ulang dengan kualitas yang tidak bagus. Solusinya : Tuangkan air panas ke dalam mangkok kecil, lalu rendam bagian ujung tinta/head kurang lebih dua menit, lalu kocok-kocok dan rendam lagi 1 menit hingga tinta keluar dari head, lalu bersihkan dengan tissue kering dengan cara menempelkan saja, jangan di gesek-gesekan.Test hasilnya apakah sudah oke belum.
  4. Kertas tidak bisa ketarik : Pastikan tidak ada benda-benda yang masuk ke dalam printer yang dapat menghambat masuknya kertas, pastikan juga tidak ada kertas bekas paperjam yang masih tertinggal.Jika semuanya sudah lancar namun masih belum bisa juga dapat dipastikan press roller pada printer anda sudah rusak, jadi musti diganti.
  5. Kertas tidak bisa keluar pada saat sampai di akhir kertas : kerusakan ini banyak terjadi dibagian mekaniknya, kemungkinan besar aa sekerup yang kendor.
  6. Printer mati total : Masalah bisa pada adaptornya yang masti atau mainboard printernya. Jadi musti diganti salah satunya.
Demikian ulasan singkat mengenai keruskan printer, jika kita melakukan maintenance rutin tentunya masalah printer jarang terjadi.Salam

3 komentar:

phitoosh mengatakan...

printer saya hp d2466 pada saat dinyalakan normal setelah diberi perintah print... kerjtas langsung ditarik separo halaman .. setelah itu lampu berkedip2 sampai tak terhingga...
dah dicoba ganti cardtridge.. bersihkan pin cardtrid dan cek didalam printer tak ada kotoran ... mohon info nya bos bisa send di email saya desbieandy@haritanickel.com

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Sesuai dng pengalaman saya, printer bapak mengalami kerusakan pada bagian pickup roller ada yang patah sehingga posisi pickup roller langsung menjepit kertas dan menariknya hingga setengah.Setelah itu error karena ada kesalahan mekanik.Jadi harus diganti pick up rollernya.Estimasi biaya kurang lebih 200rb.

k4trokal@yahoo.com mengatakan...

printer saya HP Laser Jet 1300 kondisinya normal jika menggunakan Office 2003 dan windows XP akan tetapi jika menggunakan OS Windows Vista atau windows 7 dan Office 2007 jika kita akan mencetak halaman lebih dari 1 hasilnya akan menumpuk dalam satu kertas...kira-kira kenapa pak..mohon pencerahan

Posting Komentar

PT.BRAHMA COMPUTER SERVICES | by - haryantoblog- 2008