HOME COMPANNY PROFILE CUSTOMERS PRODUCT JASA SALES KONSULTASI GRATIS
  Kontrak Services
Services komputer murah,bisa diandalkan dan terpercaya Selalu siap melayani Anda"  
product,hang,PC   Hang PC
Masalah windows, hardware rusak, monitor backup data,kena virus, printer,istall program"  
    Mr. Clean
Komputer kotor dan berdebu, Kinerja komputer menurun. Serahkan kepada BCS"  
jual,beli,baru,second   Sales
Jual-beli segala jenis komputer, Pc,laptop, Second, lama,rakitan atau branded, sparepart"  

Minggu, 14 Desember 2008

Masalah - Masalah Komputer Yang Sering Terjadi ( hardware )

Sebagai pengguna komputer END USER sering kita tidak tahu dan kadang tidak mau tahu permasalahan di dalam isi perut komputer, yang penting komputer bisa dipakai untuk kerja itu sudah baik. Perlu diketahui bahwa anda sudah membuat CELAH untuk teknisi komputer yang tidak baik melancarkan aksinya untuk menipu anda. Percaya atau tidak saya sering menemui kejadian seperti itu. Memang tidak mudah untuk mencari tenaga teknisi yang PROFESIONAL dan TERPERCAYA. Ada yang pintar tapi sukanya menipu, jadi sulit dipercaya.Ada juga yang sangat dipercaya tapi kerjanya kurang bisa. Yang lebih parah lagi sudah nggak bisa masih nggak dipercaya juga.
Puji Tuhan selama ini saya masih dianggap BISA dan BISA DIPERCAYA oleh semua CUSTOMER saya.

Agar anda tidak menciptakan CELAH yang seperti saya sampaikan di awal maka saya akan berikan tips - trik seluk beluk kerusakan komputer, biar anda bisa lebih memahami jika tiba - tiba komputer bermasalah, minimal tau bagian mana yang rusak dan harus berbuat apa.

  1. Komputer Menyala Tapi Tidak Ada Tampilan Di Layar : Hal ini sering saya temui ternyata permasalahanya hanya sepele, memory / ram kendor atau kotor kaki-kakinya ( yang kuningan ) atau memory mati. Solusi : a.Lepas lalu pasang kembali b. Bersihkan kaki-kakinya dengan penghapus pensil hingga bersih c. Coba ganti dengan yang baru.
  2. Komputer berbunyi TIT 3x pendek/cepat : namun power hidup tapi tdk ada tampilan itu kerusakan pada VGA cardnya, bisa jadi kendor atau kotor kaki-kakinya atau mati.Solusi a. Lepas dan tancapkan kembali, b. Bersihkan kaki-kakinya yang berwarna kekuningan dengan penghapus pensil, c.Ganti dengan yang baru.
  3. Komputer berbunyi TIT...TIT...TIT...TIT...terus dan teratur tidak berhenti sebelum kita matikan : Kerusakan pada memory card / ram. Solusi : lakukan hal-hal sama dengan point 1.Jika tidak berhasil mainboard anda yang rusak.
  4. Komputer keluar TULISAN DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER : kerusakan pada hardisk anda atau system yang ada dihardisk hilang. Solusi : Pastikan hardisk dikenal didalam sistem BIOS komputer caranya dengan memperhatikan tampilan awal apakah ada IDE / hardisk yang muncul atau tekan del pada saat awal menyala lalu lihat di standard setting apakah hardisk anda muncul tidak disitu. Jika muncul berarti hardisk bagus hanya systemnya/partisinya yang hilang> lakukan instalasi system lagi, jika tidak muncul hardisk anda yang rusak> Ganti dengan yang baru. Atau coba tepuk secara perlahan badan hardisk lalu nyalakan lagi, jika berhasil segera backup data anda.Kenapa di tepuk pelan? sekedar memberi goncangan sedikit di motor hardisk yang macet agar bergerak lagi.
  5. Komputer tiba - tiba tidak bisa membaca Flashdisk : Masalah kebanyakan pada powersupply komputer yang sudah lemah, karena flashdisk menggunakan listrik tegangan rendah, jika powernya kurang berdampak pada pembacaan data yang ada di flashdisk. Solusi : Ganti PowerSupply atau coba colokan pada USB bagian belakang, karena langsung menempel di mainboard siapa tau powernya lebih bagus.
  6. CD / DVD rom sulit terbuka/terkunci : masalahnya karena CDrom jarang digunakan dan sudah tua sehingga karet penggerak dari motor ke roda gigi mengendor sehingga pada saat motor bergerak membuka pintu cd terjadi slip sehingga pintu tidak bisa terbuka.Solusi : ambil sebuah paperclip luruskan lalu tusuk pada bagian pintu cdrom yang ada lubang kecilnya, dorong hingga pintu berhasil terbuka.Saran : Sebaiknya jangan biarkan CDrom selalu kosong,paling tidak masukan cd blank agar motor cd rom tdk macet.
  7. Monitor berubah - ubah warna : Kerusakan pada RGB monitor anda, kemungkinan besar ada patrian/solderan yang terlepas/retak atau kabel data monitor tidak terkunci dengan baik ke VGA. Solusi : Reparasi Monitor atau kencangkan kabel data ke vga.
  8. Flopy Disk menyala-nyala terus : ada virus lokal di komputer anda, bersihkan dengan antivirus lokal saja pasti hilang.
Demikian ulasan singkat dari saya semoga bermanfaat dan ditunggu komentarnya biar rame, kalo ada yang bertanya juga boleh. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.Salam

28 komentar:

Anonim mengatakan...

termia kasih bangt... informasi ini sangat berguna bagi kamu yang awam soal teknisi,,

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Oke sama-sama, rajin2 berkunjung ya....makasih juga komentarnya.

Anonim mengatakan...

terimakasih mas....

informasi yang anda berikan sangat membantu saya....

Anonim mengatakan...

Komputer saya sekitar 2 menit sekali bunyi ting..ting... ting ... sampai 4 kali, pada saat itu mouse (petunjuk mouse) tidak dapat bergerak (kayak hang) sesaat dapat berfungsi sesaat lagi tidak.
Mohon saran harus bagaimana mencari solusinya
terima kasih

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Sepertinya ada bagian dari komponen kamu yag bermasalah, bisa jadi masalah pada mainboarnya tuh.Coba kamu clear cmosnya sapa tau bisa berhasil.Jika memang belum berhasil coba cek temperatur komponen dengan program speccy bisa di download di www.speccy.com

jitendher mengatakan...

Mw tanya komputer sy nih mas, klo pasang hardware lewat port usb pasti ga otomatis Connectnya...
saya harus lari ke system trus cari hardware di Device Manager kalo ga gitu saya harus restart dulu...Gmana ya solusinya biar Otomatis?
Tuolong bantuannya Mas Tri....
Oiya mas postingannya boleh dicopy kan? hehehe...maklum anak baru ngeblog...xixixi

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Kalo lewat usb tidak otomatis, bisa jadi alat tersebut sudah dikenali sebelumnya, atau kemungkinan juga bisa power supply kamu sudah lemah sehingga respon untuk mengenali harware baru agak lemah. Sialhkan di copy namun berikan sumbernya ya...

Anonim mengatakan...

saya bermasalah denagn komputer nich,,mohon dibantu...Kalo saya ingin membuka aplikasi pada dekstop apliksi itu selalu muncul di winap...jadi semua file yang saya buka,pasti di play di winap,saya tdk tahu knp...kenapa ya???

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Sepertinya komputer kamu terkena virus tuh, coba bersihkan dengan smadav yang bisa di download di www.smadav.net, karena smadav mampu membersihak registri yang bermaslah seperti komputer kamu ini.

Anonim mengatakan...

tolong tanya nih.. akhir2 ini sering tiba2 hang atau langsung restart sendiri, lalu muncul disk boot failure. padahal kalau saya matikan lalu nyalakan ulang tidak apa2. kenapa ya? terima kasih

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Maaf baru menjawab: Kemungkinan besar fan Prosesor kamu kotor tuh sehingga pendinginannya kurang baik, terjadi panah berlebih dan merestart sendiri, pada saat muncul boot failure kemungkinan ada flasdisk yang tertancap sehingga pada saat boot larinya ke flasdisk, coba setting biosnya agar boot langsung ke hardisk.Salam

Anonim mengatakan...

kalau komputer mesrestart sendiri masalanya ap???

trusss langka ap yang harus di lakukan??

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Kebanyakan masalah komputer merestart sendiri itu ada bebeberapa hal :
1. Fan Prosesor kotor, lambat, kendor atau mati sehingga pendinginan ke prosesor kurang.
2. Hardisk karena sering mati lampu, sehingga hardisknya rusak partisinya.
3. System startup rusak ato terkena virus sehingga tidak bisa login.
4.Power supply lemah sehingga tidak mampu mengangkat beban dari hardware komputer.

Langkah2 penanganan :
1.Pastikan temperatus prosesor normal dibawah 50 derajat, dapat di test dengan program speccy.Sehingga bisa memastikan komputer restart bukan karena over heating.
2.Jika memang daerah anda sering mati lampu, bisa dipastikan hardisknya akan cepat rusak sehingga perlu dilakukan scaning hardisk dengan printah CHKDSK dari boot cd instalasi windows.
3.Kalo startuponya rusak bisa dicopykan atau dinstall ulang dengan cara merepairnya.
4.Jika memang lemah power supplynya coba ganti dulu dnegan yang baru apakah hasilnya sama

ady mengatakan...

mas/mbak aq pnya msalah nie komputer.a ga mau hidup kira" ap masalahnya mas/mbak ...low bisa kirim ke no hp ini 081910412578 di tggu ya mas cpt...
mksih

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

Ady : Kalo komputer tidak mau menyala itu bisa terjadi karena faktor kelistrikan yang tidak masuk kedalam komputer, biasanya masalah ini karena powersupply yang melekat pada casing itu rusak atau mati.biasanya kalo ini diganti dengan yang baru akan hidup kembali.Pastikan bahwa lampu led kecil di mainboard menyala karena itu yang menentukan apakah ada arus listrik yang masuk kedalam mainboard. Jika masih kesuliatan juga bisa datang ke BCS SHOP di Jl,Pramuka Jati 23. Nanti kami akan membantu.Tks

ady lagi mengatakan...

1 lg low monitor.a runyem ilang gambar.a ..ap.a yg rusak .... solusi.a gmn /// makash

Anonim mengatakan...

Mau tanya nih mas, tombol power CPU saya di pencet, CPU nya gak mau nyala. Padahal lampu mousenya nyala, artinya listrik masuk. Nih ada apa ya mas?

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@Ady : Jangan disingkat-singkat pusing bacanya.Monitor kamu udah tua tuh, flybacknya focusnya udah molor sehingga jadi kabur/buram.Musti diservis ganti flybacknya.

Agustinus Tri Mulyadi mengatakan...

@anonim : Bisa jadi tombol kamu rusak, caranya lepas kabel yang terhubung dari tombol ke mainboard, lalu shot / jumper langsung dengan obeng hanya sekali sentuh pada pin power yang di mainboard, jika nyala switch kamu rusak harus diganti ato dipindah ke tombol reset juga bisa. Ato bisa juga mainboard kamu rusak di bagian ic swicth on sehingga tidak mau menyala. Bisa juga Power Supply sudah lemah sehingga tidak mampu mengangkat beban arus komputer ( coba kamu lepas power yang ke hardisk, dan dvdrom, jika bisa menyala itu tandanya Power Suppy kamu lemah.

D.C mengatakan...

mau tanya nh.......
komputar saya tidak bisa di install windows vista dan win 7.........
masalah nya ap ya..........???????

Anonim mengatakan...

saya mau tanya,kalo komputer cuma mau hidup sampai loading terus pas waktu mau masuk menu tiba" monitor mati itu kenapa?makasih

Agustinus mengatakan...

Coba cek Fan Prosesor kamu kotor ato tidak atau mungkin kendor, sehingga pada saat menyala langsung over heating.Bisa juga memory kamu rusak ato kotor coba pakai yang lain.salam

Anonim mengatakan...

Terima kasih banyak buat semua info dan saranya Bung,,, Kebetulan sekali penjelaan no 1 di atas, sama sepeti mssalah yang sedang z hadapi sekarang,, Bung Dan saya akan sering nanyain kepada bung2 tentang masalah hardware computer..... Sekali lagi terima ksih banyak.....

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
budy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
anton rahmat mengatakan...

terima kasih gan atas informasi nya

jangan lupa juga kunjungi blog saya di

antonrahmat.blog.stisitelkom.ac.id

rahman alhujali mengatakan...

saya baru saja mempraktekkan saran anda (soal ram yg kotor).jitu...! thanks.

Posting Komentar

PT.BRAHMA COMPUTER SERVICES | by - haryantoblog- 2008